Otomotif

Ini Dia 3 Tips Mudah Membeli Aki Anti Tipu-Tipu

sumber : tribunnews.com

Ketika akan membeli aki kering motor, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Aki adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Pasalnya aki menjadi salah satu sumber tenaga kelistrikan sehingga kendaraan bermotor kamu dapat beroperasi dengan normal. Ketika kamu membeli sebuah aki untuk kendaraanmu, maka pastikan aki kendaraan yang kamu miliki aman untuk digunakan dan juga merupakan aki baru.

Ketika kamu membeli aki di tempat yang tidak terpercaya, maka ada kemungkinan aki yang kamu dapatkan adalah aki yang lawas tapi diperbaharui lagi. Hasilnya, aki yang baru kamu beli tidak akan bertahan lama dan akhirnya akan mati juga. Untuk menghindari hal seperti ini, maka berikut ini adalah beberapa tips membeli aki yang bisa kami berikan.

Perhatikan tegangan aki

sumber : otosia.com

Ketika kamu membeli aki baru, maka aki akan ada dalam bentuk kemasan. Aki dalam kemasan ini akan memiliki 2 buah lubang. Lubang ini tujuannya digunakan untuk membuat terminal min dan juga plus. Terminal inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk mengecek aki mobil yang kamu miliki. Pengecekan tegangan aki melalui terminal ini dilakukan dengan menggunakan multitester. Dari multi tester ini kamu bisa mengetahui apakah aki yang akan kamu beli tersebut merupakan aki yang baru atau aki yang tidak berkualitas.

Ketika kamu mengecek aki baru, pada multitester yang kamu gunakan akan muncul tegangan sebesar 12.3 volt hingga 12.6 volt. Hal ini berlaku untuk jenis aki apapun baik itu aki Yuasa, GS Astra maupun OEM Honda.

Perhatikan segel

sumber : moladin.com

Ketika kamu membeli aki kering motor, maka kemasan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Pastikan, si penjual aki membuka kemasannya di depan kamu sendiri. Jika penjual aki tidak membuka kemasan di hadapanmu maka terdapat indikasi bahwa aki yang dijual adalah aki dalam kualitas yang buruk.

Jika aki dibawa ke hadapanmu dalam bentuk masih terbungkus, jangan buru-buru membukanya. Pastikan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan dilakukan dengan melihat segel yang dimiliki oleh kemasan aki mobil atau aki motor kamu. Sebuah aki yang baru pasti akan dikemas dengan baik dan masih memiliki segel yang utuh. Jika segel ini sudah tidak ada, rusak atau sobek, maka ada kemungkinan aki yang ada di dalam kemasan tersebut pernah digunakan.

Garansi

Ketika kamu akan membeli aki, pastikan bahwa toko tersebut menggunakan sistem garansi dan kamu tidak perlu melihat kapan pembuatan aki tersebut. Ada banyak aki yang sudah dibuat dalam waktu yang lama tapi masih memiliki tegangan normal ketika dilakukan pengecekan. Atau sebaliknya, aki yang dibuat belum lama malah memiliki tegangan yang tidak normal.

Kamu bisa cek aki kering motor yang kamu beli di tempat atau bisa membawanya ke rumah untuk di cek secara mandiri. Jika ketika kamu melakukan pengecekan ternyata tegangan dari aki yang kamu beli tidak sesuai dengan tegangan normal, maka kamu bisa mengembalikan aki tersebut jika pembeliannya mencakup dengan biaya garansi. Hal inilah yang menyebabkan pembelian aki mobil di tempat yang menawarkan garansi akan sangat penting untuk dilakukan.

Demikian tips membeli aki motor dan aki mobil tanpa harus takut ditipu! Tips-tips di atas sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, bukan? Jadi, selalu pastikan kamu membeli aki yang memang sesuai dengan kebutuhanmu ya!

Leave a Reply

Theme by Anders Norén