Properti

Mengenal 5 Jenis Sambungan Pipa Air PVC yang Sering Kita Jumpai Beserta Fungsinya

Seperti yang kita ketahui, pipa air pvc berperan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, Terutama dalam menyalurkan air bersih untuk keperluan rumah dari sumur atau dari tempat lainnya.

Supaya aliran air yang di salurkan berjalan dengan maksimal, dibutuhkan sambungan pipa air yang tepat. Mulai dari sambungan pipa jenis lurus hingga jenis sambungan empat arah.

Di pasaran setidaknya ada 8 jenis sambungan pipa air yang ditawarkan, lalu apa saja jenis dan fungsi masing-masing sambungan tersebut? Yuk simak berikut ini ulasan lengkapnya.

8 Jenis Sambungan Pipa Air Beserta Fungsinya

1. Jenis Socket

Jenis yang pertama ini bisa dikatakan yang paling utama. Fungsinya untuk memperpanjang pipa air pvc dengan cara menyambungnya secara lurus antara pipa satu dengan lainnya.

Untuk pengaplikasiannya, sambungan pipa air yang satu ini bisa digunakan untuk menyambung pipa dari jenis dan ukuran yang sama

Socket juga masih dibedakan menjadi beberapa jenisnya sobat, ada jenis socket dengan drat diluar dan socket dengan drat didalam. Serta ada juga yang memiliki dua drat sekaligus yakni di luar dan di dalam.

2. Jenis Elbow (L)

Elbow sendiri memiliki fungsi yang berlawanan dengan socket. Dimana socket digunakan untuk menyambung pipa lurus hingga menjadi panjang, sedangkan Elbow digunakan untuk membelokkan aliran air.

Jenis sambungan pipa air yang satu ini dimasyarakat lebih dikenal dengan sebutan sambungan L. Elbow memiliki drat yang terdapat pada bagian dalam saja untuk menyambungkan antar pipa air PVC.

Berdasarkan tingkat derajat lengkungnya, elbow masih dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu sambungan elbow 90 derajat dan elbow 45 derajat.

3. Jenis Tee Stuck

Yang ketiga ini biasa kita sebut dengan sambungan T. Sambungan pipa air ini sangat efektif untuk membagi aliran air menjadi dua arah. Nama T sendiri diambil karena bentuknya yang menyerupai huruf T. Aliran air yang lurus bisa dibagi menjadi dua arah dengan sambungan pipa air jenis ini.

4. Jenis Cross

Jika Tee Stuck hanya bisa membagi aliran menjadi dua arah, lain dengan jenis sambungan pipa yang satu ini. Cross berfungsi untuk membagi saluran air menjadi tiga arah.

Sambungan pipa air PVC cross, fungsinya untuk membagi aliran air menjadi tiga arah. Ketiga arah tersebut akan memiliki tekanan yang sama baik itu pada arah kiri, kanan, ataupun tengah.

5. Reducer

Dalam perangkat sambungan pipa air PVC, ada juga yang dinamakan reducer yang fungsinya untuk menyambung dua jenis pipa yang ukuran diameternya berbeda.

Reducer sendiri memiliki dua tipe yang berbeda yakni Reducer Elbow dan Reducer Socket.

Reducer elbow fungsinya untuk membelokkan serta memperkecil aliran air sedangkan reducer socket memiliki fungsi untuk menyambung pipa lurus serta memperkecil aliran di dalam socket.

Sobat, itu dia 5 jenis sambungan pipa PVC yang sering kita jumpai sehari-hari. Semoga dengan artikel ini kamu sekarang bisa mengerti jenis sambungan pipa air beserta fungsinya. Terimakasih!

Leave a Reply