Kesehatan

6 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes

Olahraga merupakan cara yang paling murah dalam menjaga kesehatan. Melakukan olahraga secara rutin sangat penting bagi siapapun, dalam kondisi sehat atau sakit. Olahraga secara rutin merupakan salah satu faktor penghambat keganasan penyakit diabetes.

Olahraga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah mencapai nilai batas normal pada penderita diabetes. Meskipun olahraga sangat dianjurkan, para penderita diabetes tetap harus mengkonsultasikan dengan dokter jenis olahraga seperti apa dan berapa lama olahraga tersebut dilakukan?

Saat melakukan olahraga akan terjadi konstraksi pada otot, keadaan ini akan merangsang mekanisme pembakaran gula dalam darah atau glukosa. Aktifitas olahraga dapat membantu sel-sel dalam tubuh untuk menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Selain membantu menstabilkan kadar gula darah, olahraga dapat membuat berat badan ideal. Berat badan ideal sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tie 2 yang rentan memiliki berat badan yang berlebih.

Jenis olahraga apa saja yang baik dilakukan untuk penderita diabetes? Simak penjelasan berikut

  1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga termudah yang daoat dilakukan oleh semua orang. Aktifitas olahraga ini sangat ringan. Anda dapat memulai jalan kaki dengan pelan higga meningkatkan frekuensi kecepatan. Olahraga seperti ini dapat meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah mengalir dengan lancar.

Untuk intensitas jalan kaki disesuaikan sesuai kondisi fisik penderita diabetes. Jika kondisi dalam keadaan prima, dpaat melakukan hiking. Berjalan hiking dalam skala 3 km/jam dapat membakar kalori sebnanyak 240 kalori.

  1. Yoga

Yoga meupakan olahrag yang menggabungkan kekuatan otot tubuh, kesimbangan, serta kelenturan. Latihan meditasi dan fisik pada yoga dapat mengurangi dampak stress dari penyakit diabetes, serta memperbaiki fungsi saraf, menjaga kestabilan kadar gula dalam darah, meningkatkan massa otot dan mengurangi obesitas.

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan bentuk Latihan kardiovaskular. Saat mengayuh sepeda jantung akan berdetak lebih kencang, sehingga menguatkan fungsi jantung. Gerakan pada saat mengayuh, menyebabkan terjadinya konstraksi pada otot, sehingga membakar glukosa pada tubuh. Untuk menghindari cedera atau terjatuh, Anda dapat enggunakan sepeda statis dalam melakukan aktivitas olahraga ini.

  1. Tai Chi

Olahraga dari negeri bamboo ini, sangat cocok untuk penderita diabetes dikareakan rangkaian gerakan lamban dan halus serta berfokus pada ritme dan irama. Tai chi diyakini dapat mengurangi stress pada penderita diabetes.

  1. Berenang

Olahraga ini sangat bagus untuk penderita diabetes. Gerakan berenang memberikan tekanan pada setiap sendinya. Olahraga berenang lebih mudah dilakukan daripada olahraga lari, dikarenakan dapat melatih kedua otot tubuh bagaian bawah dan atas pada saat yang bersamaan.

Keadaan ini sangat bermanfaat bagi penderita gangguan neuropati diabetic yang sering mengalami mati rasa serta kesemutan di bagaian ujung tangan dan kaki.

  1. Angkat Beban

Pada penderiat diabetes tidak disarankan melakukan angkat beban yang terlalu berat, olahraga yang dimaksud adalah angkat beban yang ringan. Seperti menggunakan dumbel yang 1 kg atau 3 kg. Olaharaga ini dapat meningkatkan massa otot, serta dapat membuat berat badan ideal yang sangat dibutuhkan pada penderita diabetes tipe 2. Sebelum melakukan olahraga angkat beban sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengurangi faktor terjadinya cedera.

Selain melakukan olahrga, pengaturan pola makan, serta mengkonsumsi obat penurun diabetes, salah satunya kolagit. Tidak sedikit penderita diabetes sembuh dengan kolagit, karena berbahan alami, serta manis saat dikonsumsi tana khawatir gula darah akan mengalami peningkatan secara drastis.