Hobi

7 Kesalahan Merawat Lovebird Wajib Diketahui!

Lovebird sejatinya tidak memiliki sifat teritorial. Karakter asli spesies dari keluarga paruh bengkok ini merupakan burung sosial. Tapi entah kenapa tak jarang dipelihara sendirian saja tanpa rekan / pasangan. Padahal kalau perihal ini terus menerus dibiarkan maka akan bisa sebabkan tingkah laku cabut bulu. Untuk itu, hindari beberapa kebiasaan salah dalam merawat lovebird berikut ini.

Lovebird merupakan spesies burung dari keluarga Psittaculidae. Ada delapan spesies lovebird yang dikenal dan seluruhnya merupakan burung asli dari Benua Afrika. Namun karena beberapa jenisnya diketahui sangat mudah dirawat dan dikembangbiakkan, maka keberadaan lovebird sangat mudah ditemukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Burung yang berpenampilan cantik ini tak hanya dipelihara sebagai rumahan atau burung hias saja, namun sudah banyak yang berhasil mengembangbiakkan lantas menjajakan hasil produksinya ke pasaran. Bahkan tak sedikit yang sengaja memeliharanya khusus sebagai masteran maupun untuk dilombakan.

Namun begitu, masih banyak yang menganggap perawatan lovebird itu sama seperti perawatan jenis burung kicauan lainnya. Terkadang tanpa disadari sebagian rutinitas yang tidak benar dalam perawatannya pun sering dikerjakan kicaumania hanya karena perihal berikut diakui sudah lumayan lazim.

Berikut 7 Kesalahan Merawat Lovebird Wajib Diketahui dalam perawatan burung lovebird:

  1. Memandikan Burung Di Waktu Yang Kurang Tepat

Salah satu bentuk perawatan lovebird adalah dengan memandikannya. Untuk melakukan hal ini diperlukan tips-tips khusus agar tidak keliru dan berakibat fatal. Untuk burung satu ini, salah satu kiatnya adalah jangan memandikan burung ketika sedang ganti bulu atau mabung. Hal ini justru akan memperlambat perontokan bulu-bulunya.

Anda bisa mulai memandikan burung yang satu ini ketika semua buluyang ada ditubuhnya sudah rontok. Selain itu, mandikan juga ketika bulu-bulu jarum sudah mulai bermunculan. Hal-hal tadi bisa saja mampu dijadikan beberapa langkah untuk memandikan burung lovebird.

  1. Menggunakan Sangkar Dan Tangkringan Kurang Kuat

Sangkar adalah bagian yang wajib dipunyai disaat anda memelihara burung. Fungsi dari sangkar ini yaitu memberikan rumah untuk burung. Tempat ini juga berguna untuk membuat burung agar tidak mudah lepas. Anda juga dapat memberikan makanan dan juga minuman di dalam sangkar ini.

Berbicara seputar sangkar, untuk burung lovebird ini sebaiknya perhatikan beberapa hal dalam pemilihan sangkar. Karena burung ini memiliki paruh yang cukup kuat. Selain itu, ia juga mempunyai kemampuan untuk memecah biji-bijian yang keras. Maka dari itu menggunakan sangkar yang kuat tentu sangat diperlukan.

Jika hal ini tidak diperhatikan maka kemungkinan besar sangkar akan mudah rusak dan burung bisa kabur. Gunakan juga tangkringan yang terbuat dari bahan yang keras. Sehingga burung tidak mudah menggigitinya. Jika kesulitan mencarinya maka bisa langsung mencarinya di toko-toko yang menjual sangkar yang kuat untuk burung peliharaan.

  1. Pemberian Makanan Yang Kurang Bergizi

Ketika memutuskan memelihara burung peliharaan, maka memberinya makanan wajib Anda lakukan. Karena jika tidak maka kemungkinan besar burung akan tumbuh tidak sehat dan mati. Makanan menjadi salah satu sarana bagi burung untuk tumbuh dan berkembang serta memperoleh stamina. Maka dari itu, memberi makanan dalam kadar yang cukup dan bergizi penting untuk diperhatikan.

Memperhatikan takaran yang juga perlu dilakukan. Seringkali para pemelihara burung ini yang tidak mengetahui hal ini membuat performa burung menjadi turun. Maka dari itu perhatikan takaran yang pas untuk memberinya makan. Memberinya makanan tambahan seperti kuaci, kangkung dalam porsi yang cukup akan membuat burung menjadi lebih sehat dan kuat.

Mengapa memperhatikan makanannya penting? Karena hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan maupun performa burung. Misalnya jika burung diberikan makanan yang berlebihan maka obesitas sangat mungkin terjadi. Jika obesitas ini menimpa burung Anda maka ia akan malas untuk berbunyi dan berkembang biak. Maka dari itu gunakan takaran yang pas dan cukup ketika memberinya asupan makanan.

Jika perlu kontrol selalu makanan tambahan yang diberikan. Anda bisa memberinya biji-bijian yang bagus serta berkualitas untuk burung. Selalu berikan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin untuk burung lovebird ini.

  1. Memelihara Burung Ini Sendirian

Untuk burung lovebird ini diperlukan teman untuk memeliharanya. Karena burung ini termasuk golongan yang mudah stress apabila tidak mempunyai teman di sangkar. Hal ini pun juga berpengaruh pada performanya. Ketika burung ini jarang berbunyi dan bersifat agresif mungkin penyebabnya adalah tidak punya teman. Maka setidaknya Anda memelihara dua buah lovebird untuk memelihara kesehatannya.

Mengapa demikian? Karena burung ini bisa dikatakan burung sosial dimana ia tidak bisa hidup sendirian. Apabila sendiri, maka jangan heran jika burung ini jarang berbunyi dan gacor. Setidaknya memelihara lebih dari satu ekor akan membuat keduanya saling berkolaborasi dengan bunyinya yang indah. Karena burung ini sering digunakan untuk lomba pada jenis burung, maka hal ini perlu untuk diperhatikan.

  1. Memberikan Susu Pada Burung Sebagai Minumannya

Dalam perawatan lovebird memperhatikan dengan baik minuman yang diberikan pada burungnya sangat perlu dilakukan. Kesalahan yang sering terjadi yaitu memberikan susu pada burung. Memberikan susu pada burung ini sangat perlu untuk dihindari. Karena hal ini bisa mengganggu kesehatan burung

  1. Memberi pakan terlalu berlebihan hanya agar burungnya rajin bunyi

Banyak yang ingin agar lovebird rawatannya itu menjadi lebih rajin ngekek, berdurasi panjang, dan lebih aktif. Hal yang sering terjadi adalah memberikan pakan dengan takaran yang tidak sesuai atau terlalu berlebihan, terutama pakan tambahannya.

Burung lovebird yang berlebihan mengkonsumsi pakan tambahan seperti kangkung, kuaci, atau jagung manis tentu tidak bagus. Kondisinya akan terganggu karena burung akan mengalami over birahi yang membuat penampilannya semakin menurun.

Risiko lain jika lovebird mendapatkan asupan pakan yang berlebihan adalah obesitas atau kegemukan. Burung yang terlalu gemuk tentu tidak bisa beraktivitas dengan baik seperti biasa, termasuk sulit untuk berkembang biak dan cenderung malas bunyi.

Oleh karena itu, untuk menjaga kondisinya sepanjang hari maka pemberian pakan harus diatur dengan managemen pakan yang baik. Selain diberikan pakan biji-bijian yang berkualitas, pakan tambahan yang diberikan pun sebisa mungkin harus dibatasi setiap harinya.

Untuk burung yang masih muda / paud bisa diberikan pakan berupa milet Volume+. Kandungan yang terdapat dalam milet volume+ tidak mudah membuat burung over birahi sehingga tetap membuatnya rajin berbunyi.

Selain milet Volume+, lovebird mania bisa juga memberikan pakan milet Cinderella yang diracik khusus untuk memenuhi kebutuhan pakan lovebird mulai dari umur bakalan hingga dewasa.

  1. Terlalu sering melombakan burung

Di berbagai even lomba burung, kelas lovebird paud selalu dipenuhi oleh para peserta yang ingin menjajal kemampuan burung rawatannya. Namun entah karena penasaran atau terlalu antusias, tak sedikit peserta yang terlalu memforsir lovebird paud miliknya untuk berlomba.

Terlalu sering melatih / melombakan burung yang masih muda akan berdampak pada kondisi mental dan psikologi dari burung itu sendiri. Penampilannya akan cenderung terus menurun karena stamina dan mentalnya yang gampang ngedrop.

Agar penampilan lovebird paud bisa terus maksimal ketika dilombakan, maka berikan waktu istirahat yang cukup baginya sebelum berlomba, misalnya dilombakan setiap dua – tiga minggu sekali. Di luar waktu lomba, burung mendapatkan asupan pakan yang berkualitas dan pemasterannya.

8. Tidak Memberikan Vitamin Lovebird

Pemberian vitamin juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan lovebird, terutama untuk anda yang sebelumnya mengabaikan hal ini.

Padahal porsi kebutuhan vitamin lovebird sangat dibutuhkan, terlebih untuk menjaga kualitas dan hasil bulunya.

Pemberian porsi vitamin lovebird inilah yang nantinya menjadi pilihan tepat. Salah satunya penggunaan vitamin lovebird yang sangat bagus untuk pertumbuhan lovebird