Bisnis

Alasan Karyawan Sering Resign, Ternyata Hubungan Atasan dan Karyawan Itu Penting!

Resign alias berhentinya bekerjanya karyawan merupakan salah satu bentuk kerugian perusahaan. Bukan hanya merugikan secara materi, namun perusahaan juga kehilangan aset berharganya yang mendukung perkembangan perusahaan tersebut.

Meskipun sudah ada peraturan tentang penalti, beberapa karyawan masih nekat resign apabila sudah tidak betah bekerja di perusahaan. Memangnya apa sih yang menyebabkan karyawan resign, terlebih bagi karyawan yang baru bekerja beberapa bulan saja?

Nah berikut adalah alasan terbesar karyawan resign yang wajib diketahui:

Beban kerja yang terlalu banyak

Bukan hanya membuat stres, beban kerja yang terlalu banyak akan menyebabkan karyawan tidak betah – sekalipun karyawan tersebut punya potensi yang menguntungkan untuk perusahaan. Oleh sebab itulah sebaiknya perusahaan memberikan tanggungjawab pada karyawannya dengan batas yang wajar atau bisa diakali dengan merekrut karyawan tambahan.

Rekan kerja yang tidak bisa bekerja sama

Pemilihan rekan kerja yang salah pun berpotensi untuk menyebabkan karyawan resign sewaktu-waktu. Misalnya saja menyandingkan karyawan terbaik dengan karyawan yang kerjanya di bawah standar, pastilah karyawan terbaik tersebut akan merasa kerjanya menjadi lambat dan lama kelamaan hanya menyebabkan stres.

Perusahaan bisa mengantisipasi hal ini dengan cara tahu betul skill karyawannya, baik melalui survei ataupun memantau performa karyawan dari waktu ke waktu. Tidak ada salahnya menyandingkan karyawan dengan skill yang seimbang supaya pekerjaan juga lebih cepat selesai.

Tidak ada penghargaan dari perusahaan

Meskipun kelihatannya sepele, karyawan sangat menghargai penghargaan sekecil apapun dari perusahaan. Penghargaan tidak harus berupa materi, namun juga bisa diberikan secara moral atau prestige, seperti karyawan yang berhasil meraih target tertentu dan namanya dipasang di lobi kantor supaya karyawan lain tahu tentang prestasi karyawan tersebut.

Kurang adanya tantangan

Bukan hanya karyawan berusia muda, karyawan senior pun akan mudah bosan dengan rutinitas pekerjaannya apabila tidak ada tantangan sama sekali. Rutinitas pekerjaan yang sama dalam kurun waktu lama hanya akan menyebabkan kebosanan dan berujung pada stres yang dialami oleh karyawan.

Gaji yang tidak sesuai perjanjian

Salah satu alasan karyawan bekerja di suatu perusahaan adalah nominal gaji yang dirasa sepadan dengan kerja kerasnya. Namun sayangnya tidak semua perusahaan bersikap jujur dan memberikan gaji karyawan sesuai haknya. Permasalahan satu ini akan menyebabkan karyawan terbaik malas untuk bekerja dan lama kelamaan mencari perusahaan lain yang sekiranya sanggup membayar mereka dengan gaji yang lebih baik.

Tingginya atmosfer kompetitif

Meskipun biasanya di perusahaan manapun terdapat persaingan, atmosfer kompetitif yang terlalu tinggi tidak akan membuat siapapun bekerja di perusahaan tersebut. Belum lagi jika ada rekan kerja yang manipulatif untuk mengambil hati atasan, perusahaan pun bisa kehilangan karyawan terbaiknya hanya karena masalah sepele ini.

Tidak ada rasa kepercayaan dengan atasan

Satu lagi penyebab karyawan sering resign adalah sikap atasan yang acuh atau tidak percaya sama sekali dengan karyawan tersebut. Lebih buruk lagi apabila sikap atasan yang cenderung negatif, seperti membicarakan kejelekan seorang karyawan di depan lainnya ataupun menyalahkan karyawannya di balik kesalahan diri sendiri.

Pastinya sudah lebih paham kan tentang apa saja yang menyebabkan karyawan sering resign? Sebelum resign, karyawan biasanya sudah menunjukkan beberapa perubahan seperti absensi karyawan yang sering bolong alias jarang datang ke kantor.

Saat ini absensi karyawan lebih mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara online, lebih tepatnya melalui Payroll Bozz. Melalui Payroll Bozz, Anda juga bisa mengatur perihal lembur, cuti, pajak, ataupun gaji karyawan dalam waktu singkat dan hasilnya lebih akurat daripada menghitung secara manual.

Yuk segera andalkan Payroll Bozz untuk mengontrol absensi karyawan di perusahaan Anda!

Leave a Reply