Otomotif

7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Rutin Merawat AC Mobil

Melakukan perawatan AC secara rutin amat sangat penting bagi pengguna mobil. Pasalnya, AC mobil memiliki berbagai manfaat mulai dari mendinginkan kabin mobil, sirkulasi udara, serta memperbaiki mood ketika melakukan perjalanan. Sehingga fitur ini selalu menjadi daya tarik tersendiri di setiap launching mobil baru. Lantas, kenapa Anda harus melakukan perawatan AC mobil secara rutin. Berikut alasannya.

1. Menjaga kinerja mesin ac mobil

Penggunaan mobil untuk aktivitas harian tidak luput dengan penggunaan AC. Seringnya penggunaan AC menyebabkan beberapa komponen didalamya aus. Melakukan perawatan secara rutin dapat menjaga kinerja mesin AC agar tetap dingin.

2. Menghindari bau tidak sedap

Melakukan perawatan secara rutin seperti penggantian filter dapat menghindari timbulnya bau tidak sedap yang diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri dan debu. Bau yang tidak sedap akan membuat Anda pusing, mual, bahkan mengganggu mood Anda dalam mengendarai mobil. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan jiwa Anda.

3. Menghindari AC mati secara tiba-tiba

Hampir semua orang pernah mengalami AC mati secara tiba-tiba. Kondisi ini sangat tidak nyaman, karena membuat Anda kegerahan, berkeringat, serta memicu emosi Anda terutama saat keadaan macet. Hal tersebut bisa Anda hindari dengan melakukan perawatan AC secara berkala.

4. Memperpanjang umur kendaraan

Perawatan secara rutin dapat meminimalisir resiko kerusakan yang lebih besar. Hak tersebut membuat kendaraan Anda menjadi lebih awet.

5. Lebih aman dan nyaman saat berkendara

Perawatan secara rutin pada AC mobil, tentu membuat suhu AC menjadi stabil, dan dingin. Udara yang dingin membuat Anda lebih nyaman dalam berkendara terutama pada siang hari atau macet. Bila AC rusak tentu dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara apalagi jika musim kemarau. Jika Anda merasa nyaman, tentu akan menambah tingkat keamanan Anda.

6. Menghindari korosi

Hampir semua komponen mesin AC terbuat dari logam yang rentan korosi. Hal ini disebabkan karena adanya kontaminasi udara pada oli kompresor AC. Komponen yang korosi dapat menimbulkan kerusakan yang serius, sehingga Anda harus menggantinya dengan komponen baru. Penggantian komponen baru tentu memerlukan biaya yang besar.

7. Menghindari bahaya bakteri

Melakukan perawatan rutin pada AC mobil, seperti membersihkan filter AC dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat masuk kedalam kabin mobil. Apalagi kondisi pandemi saat ini, penularan virus covid sangat cepat sehingga dapat mengancam jiwa. Melakukan perawatan rutin selain baik untuk kondisi mesin AC , tetapi juga baik bagi kesehatan Anda.

Demikian beberapa alasan penting mengapa Anda perlu melakukan perawatan AC mobil secara rutin. Pastikan kebersihan terjaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang sedang mencari komponen AC mobil, MobilKoreaPart.com solusinya.