Bisnis

Mengenal Annual Report dan 3 Fungsi Pentingnya Bagi Perusahaan

Annual report atau laporan tahunan adalah dokumen yang ditulis per tahun yang ditujukan terhadap pemegang saham atau calon investor. Laporan ini umumnya menggambarkan kondisi operasi dan keuangan perusahaan.

Design annual report dapat berisi hal seperti grafik, foto dan narasi tentang apa yang telah dilakukan perusahaan selama satu tahun lalu. Tujuan laporan ini dibuat adalah mempromosikan perusahaan, melihat kondisi keuangan dan tujuan perusahaan serta memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dari ketiga tujuan annual report di atas, maka dapat dipaparkan 3 fungsi penting annual report, yakni:

1. Indikator Kesehatan Finansial

Setiap investor tentu tidak akan menginvestasikan uang mereka kepada perusahaan yang memiliki kondisi finansial yang negatif. Investor akan menganalisis kondisi perusahaan dari laporan keuangan yang disediakan oleh perusahaan. Nah, laporan tahunan atau annual report inilah yang akan menjadi salah satu penentu keputusan seorang investor.

Dari laporan tersebut investor dapat melihat mengenai bagaimana budgeting perusahaan, bagaimana perusahaan mengelola hutang dan bagaimana perusahaan memenuhi regulasi keuangan yang ada.

Kesehatan finansial yang baik tentu akan di indikasikan oleh tren keuangan positif di sepanjang tahun dan sebaliknya. Dengan laporan ini investor akan lebih mudah membuat keputusan investasi untuk sebuah perusahaan.

2. Laporan Pencapaian Perusahaan

Sebuah perusahaan tentu memiliki agenda tertentu yang telah ditetapkan setiap awal tahun. Dalam laporan tahunan agenda apa yang terlaksana dengan sukses, tidak dilaksanakan atau bahkan gagal akan tertulis di laporan tahunan.

Laporan pencapaian yang sukses tentu akan ditulis dalam bahasa hiperbola sehingga calon investor dan publik akan mempunyai kesan positif terhadap perusahaan. Sementara itu perusahaan harus cerdas dalam memberikan alasan atas agenda yang tidak terlaksana atau bahkan gagal.

Dengan adanya laporan tahunan yang dapat mengundang kesan positif, perusahaan akan memiliki material marketing dan hubungan masyarakat. Sehingga, mulai dari pemegang saham hingga calon investor akan lebih mudah dalam menentukan keputusan.

3. Memenuhi Standar Pemerintah

Di setiap negara, pemerintah memiliki peraturan tersendiri yang harus ditaati oleh setiap perusahaan. Sebagai contoh perusahaan yang beroperasi di Indonesia perlu memperhatikan 5 poin berikut saat menjalankan operasinya:

  1. Mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik
  2. Melakukan aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility)
  3. Menaati hukum ketenagakerjaan
  4. Melaporkan kegiatan investasi ke Badan Pengawasan Pasar Modal (BKPM)
  5. Menghargai tradisi dan budaya masyarakat

Poin-poin di atas merupakan standar yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan yang ada di Indonesia. Disinilah laporan tahunan dapat dijadikan indikator apakah perusahaan sudah memenuhi poin-poin tersebut atau tidak.

Perusahaan yang tidak memenuhi ketentuan tentu akan mengalami masalah dengan otoritas. Jika hal ini terjadi, perusahaan perlu mengeluarkan biaya dan usaha untuk penyelesaian masalah tersebut. Hasilnya, perusahaan akan memiliki citra yang kurang baik, baik terhadap publik atau calon investor.

Laporan tahunan berfungsi mirip seperti rapor yang Anda dapatkan saat sekolah. Jika nilai Anda bagus dan tidak ada yang di bawah rata-rata yang telah ditentukan, orang tua Anda akan senang dan mungkin akan memberi Anda uang saku tambahan.

Sama seperti pada sebuah perusahaan, termasuk perusahaan BUMN seperti Bank Rakyat Indonesia, jika laporan tahunan tercatat dengan baik tentu akan menarik calon investor dan pemegang saham untuk menanamkan modal tambahan. Namun hal yang paling penting dari sebuah laporan tahunan adalah fungsinya sebagai bahan kajian untuk apa yang harus dilakukan perusahaan di tahun berikutnya.

Tanpa laporan tahunan yang tersusun dengan rapi dan baik, direksi akan kesulitan dalam membuat keputusan yang akan menentukan masa depan perusahaan. Jadi, dengan memahami betapa pentingnya annual report, itu artinya laporan tahunan harus disusun semakimal mungkin.

Leave a Reply