Teknologi

Belajar Membuat Fungsi Combo Box Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi perkantoran buatan Microsoft Corporation yang tergabung dalam paket aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini merupakan program berbasis pengolah angka atau sering disebut dengan program Spreadsheet. Belajar aplikasi pengolah angka ini sangat diperlukan bagi para pelajar dan staff pegawai peerkantoran. Anda dapat belajar fitur dan fungsi excel dengan mengikuti kursus ataupun belajar secara otodidak. Salah satu blog yang dapat membantu Anda mempelajari Microsoft excel adalah fungsiexcel.com. Di fungsiexcel.com tidak hanya membahas tips tentang Microsoft excel tetapi juga rumus dan fungsi excel secara bertahap, dan akan menanambah kemampuan Anda dalam mengoperasikan aplikasi berbasis angka ini.

Fungsi excel sendiri sangatlah banyak untuk dipelajari, salah satunya adalah fungsi Combo Box. Apa yang dimaksud dengan Combo Box? Combo box adalah fungsi excel berupa kotak atau box yang digunakan untuk memilih data dari list yang tersedia. Penggunaan fungsi ini adalah untuk mempermudah pengguna excel saat melakukan penginputan suatu data dari suatu kumpulan data tanpa harus melakukan pengetikan. Fungsi excel ini sering tidak diketahui oleh para pengguna excel. Pada kesempatan ini akan mengulas secara mendalam fungsi excel ini. Berikut cara penggunaan combo box pada Microsoft excel.

Contoh:

Dalam perusahaan biasanya memiliki karyawan laki-laki ataupun perempuan dalam jumlah besar, dalam pendataan karyawan akan dikelompokkan sesuai gender masing-masing. Dengan adanya combo box, tidak perlu mengetik satu persatu jenis kelamin karyawan. Dengan melihat nama karyawan, dapat menyesuaikan jenis kelaminnya tinggal memilih gender laki-laki atau perempuan, sesuai hasil fungsi combo box. Lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut:

Langkah pertama, buatlah data karyawan dengan kolom Nomor, Nama, jenis kelamin, dan alamat.

Langkah kedua, isi semua data sesuai kolom, kecuali jenis kelamin, seperti gambar dibawah ini.

Langkah ketiga, blok sel pada bagian kolom laki-laki atau perempuan, kemudian buka tab Data > Data Validation > Data Validation, seperti gambar berikut.

Langkah keempat, pada data validation, pilih tab Setting. Kemudian ubah data pada kolom Allow dengan memilih List. Kemudian pada kolom Source, ketik nama dari jenis kelamin yaitu jenis laki-laki atau perempuan (dipisahkan dengan tanda koma atau titik koma). Kemudian klik tombol OK.

Selanjutnya lihat gambar berikut ini.

Setelah diikuti Langkah-langkah diatas, maka fungsi excel combo box bisa segera diterapkan, hasilnya seperti berikut.

Jadi dengan menggunakan fungsi combo box ini tidak perlu mengetik lagi, akan muncul pilihan jenis kelamin, tinggal memilih sesuai jenis kelamin.

Dengan adanya fungsi excel ini sangat membantu sekali mempermudah perusahaan dalam pendataan karyawan, fungsi ini juga bisa diterapkan oleh guru dalam mengelompokkan murid-muridnya, dan digunakan dalam bidang administrasi lainnya. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi semuanya.