Wisata

Berpetualang ke Candi Cetho

Halo sobat petualang, ketemu lagi nih. Kalau liburan biasanya kamu ngelakuin apa aja ya? Bermalas malasan seharian di rumah atau bepergian ke tempat tempat baru yang seru? Kalo kami sih lebih suka bepergian ya, atau lebih tepat disebut berpetualang, karena berpetualang itu memberikan sensasi tersendiri serta sekalian menambah pengetahuan dan pengalaman baru. Tempat petualangan yang hendak dituju itu tidak perlu jauh jauh, yang penting perjalanannya asik dan tempat nya manarik. Nah, pada kesempatan kali ini, kami mau membagikan pengalaman seru kami saat berpetualang ke Candi Cetho pada liburan akhir tahun kemarin. Simak baik baik ya kisah kami. 

Kamu sudah tahu kan Candi Cetho itu lokasinya di mana? Yup, lokasi Candi Cetho ada di Karanganyar, Jawa Tengah. Banyak yang bilang kalau Candi Cetho ini mirip dengan Candi Lempuyang di Bali. Karena penasaran, kami bersama sahabat lainnya hendak berpetualang dari Jogja ke Candi Cetho. Perjalan kami dimulai dengan berkumpul terlebih dahulu di Stasiun Lempuyangan Jogja. Kami rencananya mau naik kereta api dari Stasiun Lempuyangan Jogja menuju Stasiun Solo Balapan. Oh iya, sebelum ke Stasiun Lempuyangan kami sudah memesan tiket kereta api melalui aplikasi Traveloka. Soalnya bisa beli tiket kereta api tanpa antre di Traveloka. 

Pesan tiket kereta api di Traveloka itu banyak utungnya juga lho. Proses pemesanan tiketnya sangat cepat dan mudah. Tinggal pilih kota tujuan beserta jadwal keberangkatan, setelah itu kita bisa langsung memilih nomor kursi kita sendiri. Setelah nomor kursi di pilih, tinggal isi data diri, lalu lakukan deh proses pembayarannya. Metode pembayarnnya juga sangat beragam, bisa lewat ATM, SMS dan Internet Banking, kartu kredit, dan bisa juga lewat Alfamart. Setelah proses pembayaran selesai, kita akan langsung mendapatkan tiket kereta apinya. Bisa juga check-in secara online melalui aplikasi maupun website Traveloka lho. Sangat mudah dan praktis bukan. Selain itu Traveloka juga sering banget memberikan promo yang menguntungkan banget lho. Udah beli tiket kereta api tanpa antre dapat promo lagi. Makanya kami beli tiket lewat Traveloka terus. 

Setelah seluruh tim berkumpul di Stasiun Lempuyangan, kami langsung menaiki kereta menuju Stasiun Solo Balapan. Lama perjalanan dari Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Solo Balapan hanya memakan waktu kurang lebih 50 menit. Entah kenapa saat tiba di Stasiun Solo Balapan kepingin langsung nyanyiin lagu Stasiun Balapannya Didi Kempot. Hehehehe. Dari Stasiun Solo Balapan kami menuju Terminal Tirtonadi yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Sedikit info, dari Stasiun Solo Balapan sudah tersedia fasilitas jembatan gantung yang terhubung langsung dengan Terminal Tirtonadi. Jembatan tersebut saat ini sudah beroperasi selama 24 jam penuh. 

Dari Terminal Tirtonadi tidak ada bus yang langsung menuju Karanganyar, oleh karena itu, kami terlebih dahulu harus menaiki bus yang ke arah Tawang Mangu dulu, dan nanti turunnya di Terminal Karangpandan. Dari Terminal Tirtonadi dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam menuju Terminal Karangpandan. Setelah satu jam lebih berlalu sampailah kami akhirnya di Terminal Karangpandan. Dari sana kami harus melakukan pergantian transportasi lagi agar bisa sampai ke Candi Cetho. Jadi kami harus menaiki angkot jurusan Karangpandan – Kemuning terlebih dahulu, agar nanti bisa turun di pertigaan Nglorog. 

Setelah lebih kurang 15 menit berlalu, kami turun dari angkot tujuan kemuning, tepat di pertigaan Nglorog. Dari sini harus berganti transportasi lagi sobat. Perjalanan ke Candi Cetho disebut petualangan karena diharuskan berganti transportasi sebanyak 4 kali. Dari pertigaan Nglorog jalan ke Candi Cetho sangat menanjak dan lumayan jauh. Untungnya dari pertigaan Nglorog ada tersedia ojek yang bisa membawa kita  langsung menuju Candi Cetho. Sedikit info buat kamu, ojek tersebut hanya tersedia dari bawah ke atas ya, jadi jika kamu ingin turun dari Candi Cetho naik ojek lagi, kamu harus janjian dulu sama tukang ojeknya biar nanti di jemput lagi. Begitulah akhirnya kami tiba di Candi Cetho. Perjalanan yang cukup melelahkan akhirnya terbayarkan semua lewat keindahan yang ditawarkan Candi Cetho. Begitulah sobat petualangan kami ke Candi Cetho. 

Leave a Reply