Jasa

Mencari Tahu Besaran Biaya Pengurusan SIUJK

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) merupakan sebuah surat yang harus dimiliki oleh setiap usaha jasa konstruksi sesuai dengan peraturan pemerintah. Setiap pengusaha jasa konstruksi hendaknya melakukan pengurusan surat tersebut sebagai bukti yang sah bahwa usaha yang didirikan memiliki surat resmi. Lantas, berapa sebenarnya biaya pengurusan SIUJK?

Sebelum membahas mengenai biaya untuk mengurus SIUJK. Terlebih dahulu orang harus mengetahui seberapa penting surat izin ini untuk diurus. Agar sebuah usaha konstruksi bisa menjalankan usahanya dengan legal, maka dibutuhkan adanya pengurusan surat tersebut. Agar dapat memperoleh surat izin ini, paling lama waktu pengurusan mencapai 2-3 bulan.

Besaran Biaya untuk Mengurus SIUJK

Bagi Anda yang hendak mengurus SIUJK, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan beberapa berkas, seperti NPWP perusahaan, surat domisili perusahaan, akta perusahaan, SK perusahaan, TDP, dan SIUP. Inilah besaran biaya untuk pengurusan SIUJK.

Biaya mengurus SIUJK tergantung pada skala perusahaan yang Anda miliki. Berikut pengelompokan kategori IUJK (Izin Usaha Jasa Konstruksi).

  • SIUJK dan IUJK khusus untuk perusahaan jasa perencana dan pengawas konstruksi yang digolongkan ke dalam kelas besar dan kecil (grade 2-4).
  • IUJK untuk perusahaan jasa pelaksana konstruksi yang digolongkan ke dalam kelas kecil ke besar (grade 2-7).

Jika Anda memiliki perusahaan yang tergolong ke dalam grade 2, maka Anda membutuhkan modal sekitar 1 milyar. Berikut pengelompokan besaran biaya yang harus dikeluarkan.

  • Sekitar Rp 19 juta (untuk 1 bidang)
  • Sekitar Rp 22 juta (untuk 2 bidang)
  • Sekitar Rp 25 juta (untuk 3 bidang)

Sementara itu, untuk perusahaan yang memiliki grade lebih besar misalnya grade 5 membutuhkan modal minimal 1 milyar. Berikut pengelompokan besaran biaya yang harus dikeluarkan.

  • Sekitar Rp 35 juta (untuk 2 SKA dan 1 bidang)
  • Sekitar Rp 40 juta (untuk 3 SKA dan 2 bidang)
  • Sekitar Rp 45 juta (untuk 4 SKA dan 3 bidang)

Tahapan Proses Mengurus SIUJK

Terdapat beberapa tahapan yang harus Anda tempuh dalam mengurus SIUJK untuk perusahaan jasa konstruksi yang Anda jalankan. Berikut tahapan proses mengurus SIUJK.

  • Tahap pertama lakukan pengurusan dan dapatkan SKA (sertifikat keahlian) dan SKT (sertifikat keterampilan) bagi tenaga ahli yang dipekerjakan di perusahaan Anda.
  • Miliki sertifikasi badan usaha dan daftarkan anggota asosiasi sesuai dengan bidang yang dikuasai.
  • Jika Anda sudah memiliki SKA/SKT, KTA, dan SBU maka Anda tinggal melengkapi beberapa dokumen, seperti NPWP, fotokopi TDP, fotokopi KTP, dan lain sebagainya.

Bagaimana, cukup mudah bukan dalam melakukan pengurusan SIUJK bagi perusahaan jasa konstruksi Anda? Agar perusahaan Anda tidak mengalami masalah di kemudian hari, rasanya mengurus SIUJK dalam waktu dekat menjadi hal yang harus Anda lakukan. Mengingat prosesnya yang memakan waktu sekitar 2-3 bulan, maka sebaiknya Anda segera mengurusnya.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén