Bisnis

Yukusaha.id: Budidaya Paling Mudah dan Sulit

Bagi pemula, pastinya mencari budidaya paling mudah dilakukan adalah salah satu cara untuk memulai kegiatan budidaya tanaman. Merawat tanaman adalah hal yang mudah dan menyenangkan.

Budidaya tanaman telah menjadi kegiatan ramai dilakukan oleh setiap orang. Selain membuat rumah menjadi asri dan sejuk, kegiatan ini juga memiliki manfaat positif yang dapat menyehatkan tubuh. Karena ketika merawat tanaman, badan kamu akan akan dipaksa untuk bergerak.

Namun tidak semua tanaman dapat dibudidayakan dengan mudah. Ada beberapa tanaman yang memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya. Kamu haru mengenali terlebih dahulu tanaman apa yang hendak kamu budidayakan, supaya kamu bisa memperkirakan apakah kamu mampu membudidayakan tanaman tersebut atau tidak.

Budidaya Paling Mudah Bagi Pemula

Tanaman yang paling mudah untuk dibudidayakan yaitu, tanaman hidroponik. Selain mudah kamu juga bisa mengambil manfaat dari tanaman tersebut untuk dijadikan lauk-pauk.

  1. Budidaya Tanaman Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang tumbuh diberbagai musim. Tidak seperti tumbuhan lainnya yang memiliki musim-musim tertentu untuk panen. Ketika kamu mulai menanam kangkung, tunggu hingga 30-40 hari setelah proses penanaman, setelah itu kamu dapat memanen kangkung dan bisa kamu manfaatkan sebagai hidangan makan siangmu.

Untuk merawat kangkung kamu hanya tinggal menyiramnya setiap pagi dan sore hari, namun apabila media tanam lembab, maka penyiraman dapat dilakukan satu kali sehari, atau kamu bisa meletakkannya dalam media yang telah berisi cukup air, kemudian cek wadah tersebut secara rutin supaya kangkung tidak kehabisan air didalam media.

  1. Budidaya Tanaman Bayam

Bayam memiliki zat besi yang cukup tinggi. Dengan membudidayakannya dipekarangan rumah, kamu bisa memanfaatkannya dan menghemat biaya pembelian sayur-sayuran.

Untuk memanen tanaman bayam kamu bisa menunggu 1-1,5 bulan setelah proses penanaman. Bayam dapat tumbuh dimanapun, baik dataran tinggi maupun rendah. Tanaman ini juga bisa kamu tanaman kapanpun, karena seperti kangkung, bayam merupakan tanaman yang tidak bergantung pada musim.

  1. Budidaya Tanaman Sawi Hijau

Untuk menanam sawi hijau kamu hanya memerlukan air yang cukup dan sinar matahari yang tidak berlebihan. Dengan memerhatikan kedua komponen tersebut, maka sawi hijau akan tumbuh dalam kurun waktu 40 sampai 70 hari setelah proses penanaman.

Setelah merasa waktu panen telah tiba, kamu harus memerhatikan warna, bentuk dan ukuran daun terlebih dahulu.

Tanaman Dengan Perlakuan Khusus

Ada beberapa tanaman yang memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya. Sehingga dalam proses membudidayakannya akan terasa susah-susah gampang. Kamu harus cermat dalam mengetahui tanaman apa saja yang harus harus kamu rawat dengan perlakuan ekstra.

  1. Tanaman Anggur

Untuk membudidayakan tanaman anggur kamu membutuhkan pupuk NPK yang memiliki kandungan kalium tinggi untuk meningkatkan citarasa manis pada proses perbungaan. Namun sebelum proses perbungaan maka kalium yang dibutuhkan tidak tinggi.

Tanaman anggur memiliki waktu panen yang cukup lama. Pada proses penanaman bulan ke 12 kamu harus memberikan perhatian ekstra pada tanaman anggur. Kamu harus melakukan pemangkasan pada tanaman anggur dan hanya menyisakan minimal 7 ruas cabang tersier. Pemangkasan bertujuan supaya nutrisi dapat mengalir fokus ke buah.

  1. Tanaman Anggrek

Saat membudidayakan tanaman anggrek, maka kamu harus memerhatikan suhu disekitar tanaman, cahaya matahari dan kelembapan. Dalam menyiram tanaman, anggrek membutuhkan kelembapan 60-85%. Apabila media anggrek berlebihan anggrek maka akar anggrek akan membusuk. Maka dari itu kamu harus melakukan cek rutin kelembapan media anggrek.

  1. Tanaman Daun Kemangi

Budidaya kemangi hanya akan memanfaatkan daunnya saja. Apabila tanaman dibiarkan berbunga maka, daun yang dihasilkan akan cenderung sedikit. Penyemaian bibit kemangi dilakukan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk pemupukan, perhatikan umur tanaman. Karena dalam memberikan pupuk, terdapat takaran yang berbeda sesuai dengan umur tanaman. Waktu pemupukan saat tanaman usia 7 hari setelah tumbuh kecambah bisa dilakukan setiap 2 hari sekali. Setelah berumur 8 inggu pemupukan dilakukan setiap 3-4 kali dalam seminggu. takaran pupuk yang dibutuhkan yaitu 10ton/ha atau pupuk urea 3 gr per tanaman.

Itu merupakan beberapa budidaya paling mudah dan budidaya tanaman yang membutuhkan perlakuan khusus. Tanaman merupakan makhluk hidup yang membutuhkan perlakuan baik dari pembudidaya supaya dapat tumbuh kembang dengan baik.