Kesehatan

Cara Membentuk Otot Sayap Cepat di Rumah

Memiliki tubuh yang tegap, atletis dan sehat merupakan impian para laki-laki. Tak dapat dipungkiri banyak laki-laki yang rela melakukan apapun untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu bagian tubuh yang sering diperhatikan laki-laki adalah bagian sayap (punggung). Bagian sayap ini merupakan bagian favorit lantaran sering menjadi tolak ukur tubuh yang kekar. Lantas bagaimana cara membentuk otot sayap di rumah yang bisa Anda praktekkan sendiri?

Otot sayap ini merupakan sekumpulan otot besar yang berada di bagian punggung atau tubuh bagian belakang. Membentuk otot sayap memang tidak mudah. Diperlukan latihan ekstra dan rutin serta diimbangi dengan pola makan yang sehat. Latihan di tempat gym dengan alat khusus tentu membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih terlebih ketika dilakukan secara rutin. Namun, jangan khawatir setidaknya ada beberapa cara membentuk otot sayap yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

1. Side Lateral Raise

Cara pertama yang bisa Anda praktekkan adalah gerakan side lateral raise. Gerakan ini menjadi favorit serta dinilai merupakan cara paling mudah untuk membentuk otot sayap. Ketika Anda ingin melakukan gerakan ini maka Anda membutuhkan alat seperti kursi dan dumbel. Untuk melakukan gerakan ini pertama Anda harus duduk di kursi dengan posisi tubuh tegak dan ambillah dumbel. Selanjutnya letakkan tangan lurus ke bawah dan mulai angkat ke samping secara bersamaan dan kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

2. Front Lateral Raise

Front lateral raise merupakan gerakan yang hampir mirip dengan side lateral raise. Bedanya gerakan yang satu ini mengangkat dumbelnya ke depan. Cara lengkapnya Anda pertama harus berdiri dengan posisi tubuh tegak dengan dumbel di kedua tangan. Kemudian angkat kedua tangan ke depan lurus hingga beberapa menit dan turunkan. Lakukan gerakan ini berulang untuk mendapatkan bentuk otot sayap yang diinginkan.

3. Pull Up

Gerakan ketiga ini terbilang sangat umum dilakukan. Untuk melakukannya Anda harus mencari pegangan terlebih dahulu. Selanjutnya angkat badan dengan posisi naik turun berulang-ulang secara perlahan-lahan.

4. Chin Up

Gerakan keempat ini juga memiliki kemiripan dengan gerakan sebelumnya yakni pull up. Hal yang membedakannya hanyalah terletak pada posisi tangan ketika memegang. Jika pull up memegangnya dengan gerakan naik turun maka untuk chin up tangan memegang dengan arah ke dalam atau menghadap tubuh. Setelah itu secara perlahan angkat tubuh dengan gerakan naik turun. Lakukan berulang kali secara perlahan.

5. Push Up

Siapa yang tidak mengenal push up. Push up merupakan gerakan yang sering dilakukan dan terbilang paling mudah. Meski mudah, gerakan push up ini sangat banyak manfaatnya diantaranya untuk membentuk otot sayap. Cara melakukan gerakan push up, Anda harus meletakkan badan dengan posisi tubuh tengkurap dengan kaki selonjor. Kemudian angkat dengan kedua tangan. Lakukan gerakan ini berulang kali dalam waktu tertentu serta lakukan dengan cara yang benar.

Gerakan-gerakan yang ada di atas merupakan gerakan yang cukup mudah Anda praktekkan di rumah pun dengan alat bantu yang tergolong mudah dicari. Tubuh atletis bak binaragawan akan Anda dapatkan tatkala cara membentuk otot sayap di atas Anda lakukan secara rutin dengan cara yang benar. Selain itu, untuk lebih mempercepat proses pembentukan imbangi dengan pola makan yang sehat. Olahraga yang tepat namun tidak dibarengi dengan pola makan yang seimbang hanya akan sia-sia. Kalaupun berhasil membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai hasil yang diharapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén