Kesehatan

Cara Menggendong Si Kecil Sesuai Umurnya

Menggendong bayi merupakan hal yang dilakukan oleh orang tua hampir setiap hari. Selain membantu menenangkan, membangun ikatan orang tua dengan anak, serta baik untuk tahap tumbuh kembang bayi.

Menggendong si kecil juga memberi manfaat kesehatan untuk Si Kecil, khususnya pada bayi yang lahir prematur. Namun, menggendong si kecil tidak boleh dilakukan sembarangan, agar tidak mengganggu struktur dan fungsi tubuhnya. Yuk kenali cara menggendong sesuai dengan umunya :

Bayi usia 0-2 bulan

Bayi yang berusia 0-2 bulan belum mampu menopang kepalanya sendiri. Oleh karena itu, penting untuk selalu menopang kepala dan leher bayi. Pertama, bungkukkan badan dan selipkan satu tangan di antara kepala dan leher bayi, lalu letakkan tangan lain untuk menopang punggung dan bokongnya.

Selanjutnya, angkat dan letakkan bayi di dada, lalu pelan-pelan ubah posisi menggendong. Caranya topang bagian punggung, leher, dan kepala bayi dengan satu lengan dan letakkan tangan yang lain untuk menopang kepala bayi.Orang tua juga bisa menggendong si kecil dengan posisi tegak. Caranya dengan mengangkat tubuh bayi secara perlahan dan letakkan pada bahu dengan posisi tengkurap. Setelah itu, gunakan satu tangan untuk menopang kepala dan tangan lainnya untuk menopang tubuh bayi bagian bawah.

Bayi usia 3-4 bulan

Pada usia 3-4 bulan, bayi mulai bisa mengangkat kepala. Sesekali orang tua bisa mencoba menggendong si kecil dengan posisi duduk menghadap ke depan, namun tetap bantu jaga posisi kepala bayi dengan tangan ya.

Bayi usia 5-6 bulan

Si Kecil sudah mulai bisa menopang kepalanya sendiri pada usia 5-6 bulan. Bunda dan Ayah bisa menggendong dengan posisi duduk menghadap ke depan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggendong dengan posisi menyandarkan badan bayi ke bahu. Hal ini bermanfaat untuk merangsang bayi agar semakin kuat mengangkat kepala.

Pada usia ini, Bunda dan Ayah sudah mulai bisa menggunakan gendongan bayi (baby carrier). Cara lain yang dapat digunakan adalah menggendong dengan posisi kaki bayi melingkar di pinggang orang tua, topang dengan satu tangan. Meski ia sudah mulai bisa menopang kepalanya, namun disarankan untuk tetap jaga posisi kepalanya.

Bayi usia 7 bulan ke atas

Umumnya bayi yang berusia 7 bulan ke atas sudah mampu mengangkat bahu dan kepalanya. Di usia ini, bayi juga sudah mampu menahan kakinya saat digendong dengan tubuh yang tegak.

Ketika menggendong si kecil pastikan ia nyaman, gunakan pakaian yang nyaman serta popok yang nyaman. Bunda dan Ayah bisa menggunakan popok Merries yang memberikan rasa nyaman pada si kecil karena permukaannya halus dan tak membuat kulitnya iritasi.