Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang dengan Mudah!

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang menjadi salah satu pertanyaan yang mungkin pernah kamu utarakan. Sebenarnya, bau mulut bisa disebabkan berbagai macam hal, salah satunya disebabkan oleh gigi berlubang.

Berbagai penelitian menunjukkan jika sebagian besar bau mulut dikarenakan gangguan kesehatan gigi dan mulut contohnya seperti gigi berlubang. Umumnya, bau mulut berawal dari banyaknya bakteri di mulut, terutama gigi yang berlubang, serta menyebabkan peradangan dan muncul yang kurang sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Tentu saja untuk mengilangkan bau mulut yang disebabkan karena gigi berlubang adalah merawat serta mengobati gigi berlubang. Jenis perawatan yang dilakukan bergantung dari tingkat keparahan gigi. Berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan, seperti:

  1. Perawatan dengan menggunakan fluoride

Masalah gigi yang berlubang bila masih berada dalam awal, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan fluoride, entah dalam bentuk gel maupun dalam bentuk cair yang cukup digosokkan ke gigi.

Meskipun fluoride juga berada di dalam pasta gigi, namun kadarnya tidak cukup untuk memulihkan lapisan yang berada di luar gigi serta menutup lubang kecil yang berada pada gigi.

  1. Prosedur tambal gigi

Tambal gigi merupakan prosedur medis yang biasanya dilakukan untuk mengisi gigi berlubang menggunakan bahan khusus. Perawatan ini bisa dilakukan saat kerusakan gigi sudah parah. Kamu bisa memilih metode serta bahan tambal yang nantinya dgunakan. Bahan yang biasanya digunakan adalah komposit, porcelain serta resin.

  1. Pemasangan mahkota gigi

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang lainnya adalah pemasangan mahkota gigi. Pemasangan mahkota gigi dapat dijadikan sebagai pilihan saat kerusakan gigi sudah luas bahkan membuat gigi menjadi semakin rapuh.

Metode pemasangan mahkota gigi dilakukan untuk memperbaiki tampilan gigi serta melindunginya dari kerusakan yang semakin parah. Sebelum melakukan pemasangan, nantinya dokter gigi akan membuang bagian gigi yang telah membusuk dan rusak.

  1. Melakukan perawatan saluran akar

Merawat saluran akar dibutuhkan bila gigi yang rusak serta berlubang sudah menyebabkan kerusakan berat di lapisan gigi dalam serta saraf gigi. Prosedur perawatan saluran akar ini dilakukan dengan cara membuang jaringan saraf, pembuluh darah serta area gigi yang mengalami pembusukan.

Berikutnya, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan infeksi serta memberi obat ke akar selama prosedur ini dilakukan, jenis perawatan yang lainnya juga bisa dilakukan sesuai dengan kondisi gigi seperti pemasangan mahkota dan tambal gigi.

  1. Prosedur cabut gigi

Prosedur cabut gigi dibutuhkan bila kerusakan gigi tidak bisa lagi diperbaiki menggunakan perawatan lain serta gigi diharuskan untuk dicabut. Karena, gigi yang dicabut dapat menyisakan celah dan akhirnya membuat gigi lain bergeser, kamu dapat mempertimbangkan pemasangan implant.

Selain melakukan berbagai perawatan di atas, kamu juga dapat menyikat gigi dengan rutin, dengan menggunakan pasta gigi serta sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Jangan lupa melakukan pergantian sikat gigi sesudah 3 bulan penggunaan.

Kamu juga dapat membersihkan lidah serta berkumur dengan menggunakan larutan penyegar mulut yang tidak memiliki kandungan alkohol. Larutan ini bisa membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang di area mulut dan sulit untuk dijangkau.

Melakukan perawatan gigi berlubang serta menjaga kesehatan mulut menjadi langkah untuk menghilangkan bau mulut dengan efektif. Bila bau mulut juga tidak kunjung hilang. Kamu dapat melakukan konsultasi ke dokter gigi.