Bisnis

Cara Mudah Mencari Uang dengan Blog

Saat ini banyak orang yang melakukan cara mencari uang dengan blog di internet. Sebelumnya, memiliki blog dilakukan oleh mereka yang memiliki hobi menulis atau membuat konten artikel yang bermanfaat. Namun kini blog juga bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan.

Daftar Isi

1. Langkah membuat blog

2. Cara mencari uang dengan blog

3. Kenali jenis sumber pendapatan dari blog Anda

Langkah Membuat Blog

Untuk hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah untuk membuat blog yang ingin Anda monetisasi. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat blog.

  • Tema blog sesuai minat Anda
  • Pilih jenis blog yang berbayar atau gratis
  • Usahakan untuk memilih domain dan nama blog yang tepat
  • Pastikan untuk serius mengisi blog secara rutin
  • Cari informasi tentang Google Adsense untuk kemudahan mendapatkan uang dari blog tersebut

Cara Mencari Uang Dengan Blog

Nah setelah Anda berhasil memiliki sebuah blog, selanjutnya adalah dengan mulai melakukan upaya untuk membuat blog Anda bisa menghasilkan uang. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencari uang dari blogging.

a). Mulai dengan membuat sebuah blog

Langkah membuat blog sudah dijelaskan di atas. Selanjutnya adalah Anda tinggal mengelola blog agar supaya bisa memiliki traffic pengunjung yang banyak. Traffic pengunjung menjadi penentu apakah blog Anda bisa menghasilkan uang atau tidak.

b). Membuat konten menarik yang bermanfaat

Usahakan untuk bisa membuat konten blog yang unik, menarik dan bermanfaat untuk orang banyak. Beberapa jenis konten yang menarik minat banyak pengunjung blog adalah konten yang berisi tutorial, panduan, informasi kesehatan dan ulasan produk.

c). Temukan pembaca atau pengunjung blog yang loyal

Dalam mengelola sebuah blog, bisa mendapatkan pengunjung blog yang loyal atau setia untuk datang di blog Anda adalah sebuah prestasi yang membanggakan. Artinya konten yang Anda bagikan bisa memberikan banyak manfaat untuk mereka.

Untuk itu usahakan untuk bisa menemukan pengunjung blog yang bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda.

d). Jalin komunikasi yang intens dengan pengunjung blog

Kemudian yang terakhir adalah usahakan untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan para pengunjung blog Anda agar supaya mereka selalu rutin berkunjung terutama ketika ada postingan konten baru di blog Anda.

Kenali Jenis Sumber Pendapatan dari Blog Anda

Anda bisa mendapatkan banyak uang dari blog yang dikelola jika Anda mengetahui apa saja sumber pendapatan dari blog Anda tersebut sebagai salah satu cara mencari uang dari internet.

  • Pendapatan dari iklan

Bahwa blog bisa mendapatkan uang jika ada perusahaan atau kantor yang menyewa ruang di blog Anda untuk memajang iklan produk mereka. Semakin bagus blog Anda maka semakin mahal biaya sewa ruang untuk iklan yang akan dipajang di laman blog Anda.

  • Afiliasi

Sumber penghasilan blog yang kedua adalah dengan membuat tautan sebuah produk yang dijual di dalam situs lainnya kemudian jika ada yang membeli maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Dalam hal ini biasanya Anda harus mengetahui informasi tentang sebuah produk terlebih dahulu sehingga bisa sedikit menjelaskan jika ada pengunjung blog yang bertanya pada Anda.

  • Menawarkan layanan jasa

Kemudian sumber pendapatan blog lainnya adalah dengan menawarkan layanan jasa konsultasi, pelatihan, design, penulisan atau layanan freelance lainnya. Layanan jasa seperti ini cukup laris manis di masa pandemi seperti saat ini karena banyak orang yang butuh ilmu untuk usaha namun harus bisa belajar dari rumah saja.

  • Menjual produk seperti buku atau produk virtual seperti software atau ebook.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari uang dengan blog.