Bisnis

Dokumen yang Diserahkan Kepada Jasa Pengurusan SIUJK untuk Membuat SIUJK

Mengantongi Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK sangat penting dan diwajibkan di dalam undang-undang bagi suatu badan usaha jasa konstruksi (BUJK). SIUJK sendiri adalah dokumen legal yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia dalam hal izin penyelenggaraan jasa konstruksi yang dilakukan oleh suatu jasa konstruksi. Sayangnya tidak semua paham cara pengajuannya sehingga dibutuhkan jasa pengurusan SIUJK.

Dengan meminta bantuan jasa pembuatan SIUJK, Anda akan dibantu dari mulai penyiapan dokumen, pengajuan hingga tahap akhir setelah dokumen terbit. Keberadaan jasa ini sangat penting mengingat tidak semua memahami proses pengajuan dan penyiapan dokumen yang tepat. Berikut adalah beberapa dokumen yang patut disiapkan untuk pengajuan.

Dokumen Inti yang Disiapkan untuk Pengajuan SIUJK

Ada beberapa dokumen inti yang harus Anda persiapkan jika ingin memperoleh SIUJK Nasional bagi Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Surat-surat penting yang perlu diajukan adalah meliputi identitas dari pelaku usaha hingga keterangan badan usaha tersebut. Berikut adalah beberapa dokumen inti yang perlu dipersiapkan:

  • Menyerahkan fotokopi atau salinan dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki oleh Direktur Utama BUJK.
  • Salinan dari Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang diterbitkan oleh lembaga berwenang yakni LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi). Salinan ini harus sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang seperti lembaga yang menerbitkan ataupun notaris yang berwenang.
  • Salinan dari akte pendirian Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) yang telah didaftarkan dan dikeluarkan oleh Departemen Kehakiman serta Peradilan.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari badan usaha tersebut
  • Daftar nama-nama tenaga ahli atau inti yang berada di perusahaan jasa konstruksi tersebut
  • Salinan dari sertifikat ijazah serta sertifikat keahlian dari orang yang menduduki posisi sebagai tenaga teknik ahli di perusahaan tersebut. Sertifikat ini menunjukkan bahwa tenaga-tenaga ahli yang ada di perusahaan tersebut benar-benar sudah diakui secara resmi keilmuwan dan keahliannya.
  • Daftar yang berisi kepemilikan dari peralatan dan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan jasa konstruksi.
  • Menyerahkan dua lembar foto berukuran 3 x 4 cm berwarna.
  • Menyertakan materai senilai 6000
  • Salinan dari sertifikat pendirian perusahaan atau akte pendirian perusahaan resmi
  • Menyerahkan salinan resmi dari Sertifikat Keahlian Kerja (SKA) dan juga Sertifikat Keterampilan Kerja atau SKT yang sudah dilegalisir oleh lembaga berwenang seperti lembaga yang menerbitkan serta notaris berwenang.

Pastikan bahwa seluruh dokumen yang diminta di atas telah sesuai dengan persyaratan saat diserahkan kepada jasa pengurusan SIUJK agar tidak menghadapi permasalahan ke depannya. Ada beberapa pilihan pengerjaan proyek yang diampu oleh perusahaan jasa konstruksi yang menentukan kualifikasinya. Pilihan pertama yakni K1 atau juga dikenal sebagai proyek kecil. Jika memang perusahaan sudah lebih mampu, biasanya mereka memilih M1 sebagai proyek menengah.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén