Wisata

Tips Mendapatkan Harga Sewa Jeep Bromo Murah

Libur natal dan akhir tahun 2020 sebentar lagi tiba. Biasanya banyak yang merencanakan liburan. Namun, berhubung kondisi belum sepenuhnya pulih seperti sedia kala, banyak destinasi wisata yang memberlakukan sistem kuota untuk para pengunjung. Nah, jika Anda memasukkan Bromo sebagai daftar destinasi, dan mengharuskan menyewa jeep yang hanya bisa diisi 3 penumpang, ikuti tips-tips mendapatkan harga sewa jeep Bromo murah berikut ini.

  1. Hindari Memakai Jasa Agen

Meskipun agak ribet jika harus mengurus penyewaan sendiri, apabila bagi Anda yang tidak mengambil paket perjalanan wisata di agen, sebaiknya hindari menyewa jeep memakai jasa agen. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran berlebih hanya untuk membayar jasa agen atau calo penyalur penyewaan jeep.

  1. Langsung Bertemu dengan Supir

Bagi Anda yang tidak bisa nyetir sendiri, sebaiknya memakai jasa sopir dengan bertemu langsung pada supirnya tanpa harus melalui sebuah agen atau ke pangkalan terlebih dahulu. Sebab jika harus melalui agen, Anda akan diminta bayaran tambahan sebagai tip bagi pihak agen, karena sudah mencarikan supir untuk menemani perjalanan Anda keliling Bromo.

  1. Patungan

Tariff sewa jeep untuk wisatawan di Bromo berkisar dari Rp 600 ribu hingga Rp 2 juta per mobilnya jika sedang ramai atau musim liburan. Supaya hemat budget, ajaklah teman untuk ikut serta dalam trip liburan Anda. Sehingga biaya hotel, akomodasi, dan sewa jeep bisa dibayar patungan. Jadi lebih murah kan?

  1. Ikut Rombongan Orang Lain

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Bromo sendiri tanpa kawan, tentunya jika menghitung-hitung budget yang harus dikeluarkan tidaklah murah. Untuk itu, ketika harus menyewa jeep, usahakan untuk ikut rombongan orang lain. Biasanya supir jeep yang tidak di booking sebelumnya, memberlakukan tarif seperti angkutan umum dan baru berangkat ketika penumpang sudah penuh.

  1. Ikuti Saran Sopir

Sopir jeep di Bromo tentunya sudah tahu medan, arah, dan lokasi-lokasi wisata di Bromo, sebab memang itu bagian dari rutinitas pekerjaannya sehari-hari. Sehingga ketika Anda menyebutkan lokasi wisata yang ingin dikunjungi, percayakan saja rutenya kepada sopir. Sebab ia lebih tahu jalur yang paling efektif, bebas macet, hemat waktu, dan memiliki pemandangan menakjubkan.

  1. Katakan Bahwa Kunjungan Ke Bromo Tak Sekedar untuk Jalan-Jalan

Sopir jeep akan membantu Anda ketika tujuan ke kawah atau desa adat tidak hanya sekadar untuk jalan-jalan. Katakana saja jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dan hendak mewawancarai penduduk lokal Suku Tengger. Meskipun alasan ini tidak sepenuhnya benar. Tapi setidaknya, sopir tidak akan mematok harga yang mahal kepada Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan harga sewa jeep Bromo yang lebih murah, namun tetap mempertahankan kualitas dan fasilitas memadai. Segera rencanakan liburan akhir tahun Anda dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan the new you di tahun baru mendatang.