Teknologi

Hubungan Load Bank dan Genset

Load bank adalah Perangkat atau mesin yang mengembangkan sebuah beban listrik, berlaku beban ke sumber daya listrik dan mengubah atau menghilangkan output daya yang dihasilkan dari sumber. Ada beberapa manfaat load bank untuk genset, yaitu sebagai berikut:

  1. Load Bank untuk Synchronizing Test

Load bank dalam proses synchronizing test adalah sebagai simulator, sebelum proses synchronizing berjalan dengan baik perlu dilakukan setting dan testing dengan load bank sehingga pada saat proses tersebut tidak akan mengganggu kondisi instalasi kelistrikan yang sedang berjalan.

  1. Load Bank  untuk Pengetesan suatu Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin.

Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin sudah beroperasi lebih dari 14.000 jam, dapat di uji atau pengetesan dengan bertujuan guna mengetahui seberapa banyak prosentase penurunan kemampuan suatu Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin tersebut. Yang indikasinya bisa digunakan sebagai acuan atau petunjuk data untuk service atau overhaul sehingga performa mesin Genset dapat mencapai kondisi yang prima. Manfaat uji beban penyimpanan load bank testing. Ada beberapa alasan genset harus menjalani uji beban penyimpanan  load bank testing setiap tahun, termasuk yang berikut:

  • Memaksimalkan kemampuan generator set sebagai sumber daya cadangan yang cukup ketika dibutuhkan.
  • Menemukan masalah secara signifikan dan mencegah masalah besar di masa yang akan datang.
  • Membantu membersihkan dan mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan.
  • Memverifikasi sistem pendingin mesin.

Jika menggunkan genset hanya untuk kegiatan tertentu atau pada event tertentu saja sebaiknya gunakan jasa sewa genset untuk event yang terpercaya dan berpengalaman di https://sewatama.com/id/ karena genset yang disediakan pastinya memiliki kualitas baik.

  1. Load bank untuk Pemindah Beban

Pada suatu instalasi tertentu load bank diperlukan sebagai media pemindah beban, pada instalasi crane, load bank dipakai sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada generator set. akibat beban kejut yang hilang secara tiba-tiba, dengan menggunakan load bank, beban crane yang hilang langsung dipindahkan ke unit load bank sehingga kondisi generator set akan tetap stabil.

  1. Load Bank untuk Pengetesan System Battery dan UPS

Load bank berfungsi sebagai alat penguji kemampuan battery, juga sebagai media discharge pada battery.

Leave a Reply