Fashion

Kelebihan dan Kekurangan Dompet Material Kulit Asli dengan Sintesis

Kini barang yang berbahan dasar kulit memang telah menjadi trend tersendiri saat ini, apalagi sekarang sudah banyak produk kulit yang memiliki desain fashionable sehingga cocok untuk anak kecil, anak muda hingga orang dewasa sekalipun. bahan kulit yang digunakannya juga cukup berbeda, yaitu kulit asli dan ada juga kulit sintetis sehingga bagi kamu yang ingin membeli sebuah barang khususnya dompet yang terbuat dari bahan kulit, harus mengetahui dahulu kelebihan dan kekurangannya. Penasran apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan kulit? Yuk simak!

Kulit asli

Kelebihan kulit asli

Kulit asli merupakan bahan yang sangat solid dan tebal. Kulit asli banyak digunakan dalam pembuatan tas dan dompet. Kulit asli memiliki aroma dan rasa kulit asli berbeda dengan kulit sintetis, bahkan kulit sintetis jenis terbaik saja tidak akan bisa membuat aroma seperti kulit asli. Setiap barang yang terbuat dari kulit asli selalu memiliki karakter yang berbeda, karena setiap hewan pasti memiliki kulit yang beda.

Kulit asli jika dipakai dalam waktu yang lama akan semakin bagus dan lembut berbeda dengan kulit sintesis yang tidak memiliki hal serupa. Kulit asli mempunyai tekstur yang kuat sehingga akan awet dan tahan lama meskipun dipakai sesering mungkin ditambah lagi dengan dirawat dengan baik akan membuat dompet atau tas berbahan kulit asli akan semakin bagus. Dalam segi perawatan, kulit asli memiliki perawatan yang cukup mudah, kamu hanya perlu mengelapnya secara teratur dengan lap yang bersih dan lembab.

Kekurangan Kulit Asli

Kekurangan yang pertama dari material kulit asli adalah soal harga. Ya karena untuk mendapatkan bahan dari kulit asli sangatlah susah. Untuk harga dompet yang terbuat dari kulit asli pastilah mahal. Belum juga warna kulit asli akan cepat pudar jika sering terkena sinar matahari terus menerus. Hal selanjutnya adalah karena kulit memiliki banyak pori-pori dan bersifat menyerap, maka ketika terkena cairan dia akan meresap ke dalam kulit jika tidak dilap dengan benar. Dan jika anda tidak menjaganya dengan baik, akan timbul noda.

Kulit sintesis

Kelebihan Kulit Sintesis

Kulit sintetis memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kulit asli, mulai dari tampilan hingga ketika disentuh akan seperti material kulit asli. Akan tetapi harga dari material nya jauh lebih murah dibanding kulit asli. kulit sintetis dibuat menggunakan mesin sehingga kualitas awet dan kuat tidak kalah dengan kulit asli. Seperti Dompet Miniso yang terbuat dari bahan kulit sintesis. Dompet ini sangat awet dan terjangkau karena terbuat dari kulit sintesis dan tersedia dengan berbagai varian model yang disesuaikan dengan style kamu. Kulit sintetis juga terdapat berbagai macam warna, dan uniknya lagi warna dari kulit sintetis juga tidak mudah pudar meskipun terkena sinar matahari secara langsung.

Kekurangan Kulit Sintesis

Karena material harganya yang murah, kulit sintetis biasanya hanya memiliki sepertiga dari umur masa pakai kulit asli karena permukaan kulitnya mudah retak dan pecah-pecah. Ketika sudah lama digunakan, biasanya kulit sintetis akan terasa kurang nyaman digunakan serta tidak memiliki permukaan yang mengkilat seperti kulit asli biasanya. Ketebalan Kulit sintesis ini biasanya lebih tipis dan tidak terasa hangat seperti kulit asli. ditambah aroma nya juga sangat berbeda dan lebih cenderung dengan aroma karet.

Itulah kelebihan dan kekurangan material bahan kulit asli dengan kulit sintesis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén