Bisnis

Apakah Maklonesia Bisa Mengurus Perizinan Kosmetik?

Hal penting yang harus diketahui oleh pemilik produk kosmetik, sebelum ke tahap pemasaran atau peluncuran produk ke khalayak, adalah perizinan. Legalitas ini sangat penting apalagi di negara Indonesia di mana setiap produk yang harus dipasarkan sudah memiliki izin edar. Legalitas ini juga untuk kepentingan pemilik produk sehingga produk akan memiliki kekuatan di mata hukum. Perizinan kosmetik harus dikerjakan oleh ahlinya sehingga semua berjalan dengan lancar sesuai keinginan.

Perizinan di Maklonesia

Sebagai penyedia jasa maklon kosmetik profesional dan berpengalaman, tentu saja di Maklonesia Anda bisa mengurus perizinan terkait merek dan produk kosmetik. Kami memiliki tim internal yang akan mengurus perizinan ini sehingga produk Anda benar-benar siap diluncurkan. Paling tidak, ada 3 perizinan yang akan dibantu hingga tuntas oleh Maklonesia, apa saja?

HKI Merek

Jika ini adalah awal karir Anda di industri kosmetik, maka produk Anda membutuhkan nama atau merek. Merek ini bukan hanya untuk membedakan dengan produk lain tapi juga untuk menjaga produk tidak ada yang meniru. Bisa dibayangkan jika produk Anda ternyata sukses, kemudian ada pihak lain yang mengklaim bahwa itu produk mereka. Ini akan menjadi masalah besar ketika Anda tidak memiliki HKI Merek. Maklonesia bisa membantu pengurusan HKI Merek sampai Anda mendapatkan merek sendiri secara legal.

BPOM RI

Masyarakat Indonesia sudah cerdas bahwa mereka sebisa mungking akan menghindari produk yang tidak memiliki sertifikat BPOM karena berbagai alasan. Dimulai dari alasan keamanan hingga kesehatan ketika produk digunakan. BPOM ini menjadi wajib bagi produk yang akan diluncurkan di tengah masyarakat. Ada sampel produk yang akan dikirim ke lembaga BPOM untuk dilakukan pengujian sampai waktu tertentu.

Jika pengujian lolos, artinya produk aman digunakan maka Anda berhak memiliki sertifikat BPOM. Artinya, Anda memiliki perizinan kosmetik dan produk siap dipasarkan. Hanya saja, BPOM saja tidak cukup apalagi masyarakat di Indonesia yang mayoritas muslim. Harus ada izin Halal MUI jika produk Anda ingin diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Halal MUI

Legalitas ketiga yang akan dibantu oleh Maklonesia adalah Halal MUI. Sertifikat ini sangat penting bahkan produk dari luar negeri akan berusaha keras untuk mendapatkannya. Ini karena masyarakat Indonesia yang peduli dengan produk halal terutama masyarakat muslim. Jadi, selain BPOM produk kosmetik Anda juga harus lolos uji Halal MUI. Dengan dua sertifikat ini, maka produk Anda benar-benar siap diproduksi secara massal dan dipasarkan secara nasional.

Sekarang Anda tahu bahwa mengurus legalitas memang seringnya melelahkan jika Anda tidak tahu bagaimana alurnya. Di Maklonesia, Anda sudah tidak perlu khawatir terkait 3 perizinan kosmetik di atas karena tim internal kami akan membantu Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis. Segera hubungi kami untuk maju dan berkembang bersama.