Teknologi

Membuat Website Cepat Diakses: Dari Memilih Hosting Murah Tercepat Hingga Mengatur Plugin

Jika Anda menjalankan sebuah website baik untuk kebutuhan komersial seperti perusahaan atau menjalankan bisnis hingga untuk kebutuhan website pribadi, maka memelihara website secara rutin penting dilakukan. Salah satu hal yang perlu Anda rawat dan cek secara berkala adalah kecepatan website. Sebenarnya ada banyak tips untuk mendapatkan website yang cepat dari mulai memilih hosting murah tercepat namun berkualitas hingga mengatur plugin website.

Alasan Harus Memiliki Website yang Cepat

Website yang semakin cepat dapat diakses oleh para visitor ternyata berdampak sangat signifikan terhadap peringkat SERP website tersebut. Peringkat SERP adalah peringkat Search Engine Result Page yang diberikan oleh mesin pencari seperti Google mengenai performa website. Semakin banyak jumlah klik pada website termasuk kepuasan pembaca terhadap website akan membuat peringkat website meningkat.

Salah satu cara agar pengunjung puas berkunjung ke website adalah kecepatan website untuk loading data alias menampilkan data. Jika Anda berniat untuk melakukan tes terhadap kecepatan website, berikut adalah pedoman penilaiannya:

  • Performa sempurna adalah ketika kecepatan loading website kurang dari 1 detik saja
  • Performa di atas rata – rata atau extraordinary adalah ketika kecepatan loading website hanya selama 1 hingga 3 detik
  • Performa termasuk average atau rata-rata apabila kecepatan loading website selama 3 hingga 7 detik
  • Performa sebuah website tergolong buruk apabila kecepatan loading website memakan waktu hingga lebih dari 7 detik

Tips Membuat Loading Website Semakin Cepat

Ketika loading sebuah website semakin lama maka akan membuat peringkat SEO website Anda semakin memburuk. Hal ini tentu berdampak terhadap konversi pendapatan yang semakin berkurang akibat jumlah pengunjung yang menurun. Berikut adalah tips mudah untuk mempercepat loading website Anda:

1. Mengoptimasi Berat Gambar

Anda mungkin berpikir semakin besar ukuran gambar artinya resolusi gambar tersebut tinggi dan tajam. Hal ini mungkin benar namun pada beberapa kasus gambar yang terlalu besar justru bisa membuat loading ke dalam website Anda semakin berat. Sebaiknya pilih gambar dengan ukuran di bawah 1 MB saja karena ukuran di atas 1 MB bisa membuat website lebih berat dalam memproses data.

2. Menggunakan Plugin Caching

Salah satu cara untuk mempercepat loading suatu website adalah dengan menggunakan plugin caching. Plugin caching adalah plugin khusus untuk website sebagai proses penyimpanan data sementara pada website sehingga website lebih cepat dalam menampilkan data. Salah satu hal yang menyebabkan loading website semakin lama adalah disebabkan oleh cache yang tidak tersimpan.

Plugin berjenis caching ada banyak macamnya tergantung dari jenis websitenya. Misalnya saja untuk website berbasis WordPress maka plugin caching yang bisa dipilih seperti:

– WP Rocket

– Hyper Cache

– W3 Total Cache

– WP Fastest Cache

– WP Super Cache

3. Mengurangi Jumlah Plugin yang Tidak Dibutuhkan

Bagi mereka yang baru pertama kali menjalankan website mungkin berpikir bahwa semakin banyak plugin yang dipasang maka website akan semakin bagus. Padahal, pemasangan plugin jelas tidak boleh sembarangan karena harus melihat kebutuhkan website Anda. Jangan hanya tertarik memasang plugin karena plugin tersebut tersedia secara gratis. Namun pilihlah plugin ketika Anda merasa website memang membutuhkan plugin tersebut.

Saat memilih plugin Anda juga harus mengecek plugin tersebut. Pilihlah plugin yang tidak meminta penambahan ekstra query ke dalam database serta memuat banyak script. Anda bisa memasang plugin Performance Profiler pada website untuk mengetahui dampak plugin tertentu terhadap kecepatan website.

4. Mengoptimasi Database Website

Database website harus rutin Anda optimasi agar kecepatan website bisa maksimal. Banyak orang yang mengira mengoptimasi database website akan sangat sulit karena harus mengotak-atik baris coding. Padahal optimasi database website cukup dilakukan dengan menggunakan plugin khusus. Untuk website berbasis WordPress, maka plugin optimasi database website yang bisa dipilih adalah WP – Optimize.

Jangan sembarangan memilih tempat yang menyediakan hosting murah tercepat. Anda harus memastikan bahwa penyedia hosting yang Anda pilih tidak sekedar menawarkan hosting murah namun juga fitur yang lengkap. Selain itu sebaiknya pilih layanan hosting yang menawarkan bantuan 24/7.

Leave a Reply