Teknologi

Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik Untuk Kemajuan Bisnis

Web Hosting Bisnis

Tidak dapat kita pungkiri, kualitas suatu penyedia web hosting menjadi tolok ukur kemajuan bisnis di era digital. Pasalnya, saat ini sekecil apapun bisnisnya, masyarakat sudah mulai memasarkannya secara online. Inilah yang menjadi alasan, kenapa penyedia hosting dapat membantu jalannya digital marketing di Indonesia.

Hosting sendiri merupakan sebuah elemen penting dalam pembuatan website. Semua data/informasi website kita, nantinya akan ditaruh pada hosting tersebut.

Fungsi Hosting Pada Website

Dalam arti luas, hosting merupakan sebuah tempat untuk menyimpan berbagai kebutuhan website. Semua kebutuhan website yang akan dibuat, akan ditaruh di sana agar bisa online di dunia maya.

Artinya, selain domain, hosting juga memiliki peran yang penting agar website kita bisa online dan diakses oleh banyak orang.

Cara Memilih Penyedia Web Hosting

Bagi pemula, memilih penyedia layanan web hosting mungkin akan agak sedikit kesulitan. Selain karena kurang berpengalaman, pengetahuan tentang hosting pun mungkin belum terlalu banyak.

Namun jangan khawatir, disini akan dijelaskan caranya agar kamu tidak salah memilih.

  1. Pilih Provider yang Kredibel

Kredibilitas suatu provider sangat penting untuk diperhatikan. Saat ini tidak sulit untuk mencari penyedia web hosting yang kredibel di Indonesia. Salah satunya seperti Dewaweb yang merupakan provider cloud hosting dan SSL pertama di Indonesia.

Provider yang kredibel juga biasanya memiliki pelayanan yang bagus. Misalnya seperti layanan support 24 jam setiap hari. Artinya, kamu bisa mengadukan keluhan kapan saja.

2. Perhatikan Storage yang Ditawarkan

Pilihlah provider yang menawarkan storage terlengkap. Karena, kebutuhan storage hosting suatu website berbeda-beda. Biasanya, provider web hosting menawarkan varian storage yang berbeda. Ukurannya mulai dari 500 MB hingga 50 GB.

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya, untuk website ringan seperti blog pribadi, kamu tidak mungkin memilih ukuran di atas 2 GB. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran.

3. Beragam Pilihan RAM yang Cukup Beragam

Selain storage, pastikan juga pilihan Random Access Memory atau RAM yang ditawarkan cukup beragam. Fungsi RAM pada sebuah hosting yaitu sebagai tempat penyimpanan file sementara.

RAM juga menentukan seberapa bagus kecepatan website milikmu nanti. Semakin besar ukuran RAM, maka akan semakin cepat web yang kamu miliki.

4. Bandwidth yang Baik

Perhatikan bandwidth yang ada pada layanan hosting pihak terkait. Semakin besar bandwidth yang ditawarkan, semakin cepat loading website yang kamu miliki. Pasalnya, server yang digunakan mampu mentransfer data lebih besar per detiknya.

Maka dari itu, pilihlah provider yang menyediakan bandwidth besar. Survey terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan layanan.

5. Pilih Provider dengan Harga yang Kompetitif

Dalam memilih layanan hosting, harga juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pastikan layanan yang kamu pilih ditawarkan dengan harga yang kompetitif. Selain itu, antara harga dan layanannya pun seimbang, artinya tidak kemahalan.

Jangan khawatir terkait harga. Karena, saat ini cukup banyak provider yang menawarkan kualitas bagus dengan harga terjangkau. Kamu tinggal cek layanan dan harganya melalui website official terkait.

Kesimpulan

Memilih penyedia web hosting tidak boleh dilakukan begitu saja. Terutama untuk kamu yang ingin membangun bisnis online melalui media website. Diperlukan sebuah hosting yang berkualitas demi kelancaran bisnis yang akan dikembangkan.

Demikian informasi seputar pentingnya memilih layanan penyedia web hosting yang kredibel untuk bisnis online. Dengan hosting yang bagus, toko online maupun website perusahaanmu semakin nyaman diakses oleh para pengunjung dan customer. Jadi, percayakan kebutuhan hosting hanya kepada provider yang kredibel.

Leave a Reply