Bisnis

Mengapa Perusahaan Harus Melakukan Audit Energi?

Penghematan energi kerap dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengurangi beban anggaran. Efisiensi energi memang diperlukan agar anggaran perusahaan tidak semakin membengkak. Energi listrik menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dihindari. Supaya pemakaiannya efisien, diperlukan jasa perusahaan audit energi. Penyedia jasa tersebut akan melakukan identifikasi dan serangkaian proses lainnya untuk menciptakan serta meningkatkan peluang penghematan energi. Jadi perusahaan dapat mengetahui seberapa besar energi yang dibutuhkan. Pemanfaatan jasa audit energi cukup menguntungkan sebab evaluasi yang dilakukan dapat mencegah pemborosan energi. Dengan begitu anggaran untuk biaya energi bisa lebih ditekan.

Sewatama merupakan salah satu penyedia jasa audit energi yang sangat kompeten dan objektif. Kegiatan auditing dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional dan dipastikan bisa memberikan solusi terbaik untuk penghematan energi. Lantas mengapa perusahaan perlu menggunakan jasa tersebut? Banyak keuntungan yang ditawarkan. Mulai dari identifikasi biaya energi untuk menghemat anggaran, meminimalisir jumlah energi yang terbuang, membuat perubahan prosedur serta sistem pemakaian peralatan, dan mengurangi pembangkitan tenaga sehingga kondisi lingkungan bisa tetap terjaga.

Perusahaan audit energi melakukan serangkaian tahapan untuk mengetahui berapa besar potensi untuk melakukan efisiensi energi. Prosesnya dimulai dari menghitung besarnya konsumsi energi yang digunakan dan berapa besar pula yang tidak berguna. Dengan begitu bisa diketahui berapa besar kebutuhan energi sebuah perusahaan sebenarnya.

Langkah auditing energi diawali dengan pengumpulan data pemakaian energi tahun sebelumnya. Selanjutnya membandingkan antara Intensitas Konsumsi Energi (IKE) tahun sebelumnya dengan IKE Standar. Hasil perbandingan tersebut bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pemborosan serta mencari peluang penghematan energi. Monitoring dan evaluasi juga dilakukan agar penggunaan energi bisa lebih dihemat kedepannya. Proses audit yang dilakukan meliputi semua jenis energi yang dipakai. Mulai dari energi listrik untuk kantor, fasilitas umum, keperluan produksi, kebutuhan kantor, dan lain sebagainya.

Penyedia jasa auditing energi untuk perusahaan cukup banyak. Dan salah satu yang sangat kompeten adalah Sewatama. Perusahaan kelistrikan skala besar ini memberikan layanan yang memuaskan. Proses auditing dilakukan secara maksimal agar perusahaan bisa lebih efisien dalam pemakaian energi. Jadi penghematan anggaran perusahaan bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

Leave a Reply

Dibuat oleh Nul.is | Theme by Anders Norén