Teknologi

Oppo F9, Smartphone Android Layar Penuh dengan Notch Unik

Tren layar smartphone penuh dengan notch semakin berkembang sejak diluncurkannya iPhone X. Oppo sebagai produsen smartphone tidak ketinggalan untuk mengeluarkan produk yang mengusung fitur tersebut. Oppo F9 menjadi produk andalan Oppo untuk mengisi pasar smartphone Android kelas menengah.

Oppo F9 mempunyai desain atraktif dengan pola warna gradasi di bagian belakang. Hal ini jarang dilakukan produsen smartphone lain yang biasanya hanya menggunakan satu warna di bagian belakang.

Layar Oppo F9 seluas 6,3 inci memiliki resolusi 1.080 x 2.340 pixel dengan dimensi yang tergolong sedang untuk ponsel layar 6 inci ke atas. Hal ini karena Oppo F9 mempunyai rasio bodi-layar 84% sehingga sebagian besar ponsel ini adalah layar. Fitur unik di bagian layarnya adalah notch berbentuk tetesan air dan tombol kapasitif khas Android yang berada di bagian layar bawah.

Dimensi Oppo F9 156.7 x 74 x 8 mm dengan berat 169 gram. Ponsel ini menggunakan frame plastik dengan bodi yang dilapisi dengan Gorilla Glass versi 6.

Di bagian internal, Oppo F9 menggunakan chipset MediaTek Helio P60 Octa-core 2 Ghz. Sedangkan RAM ada 2 pilihan: 4GB dan 6GB. Sistem operasinya menggunakan Android 8.0 (Oreo) yang masih bisa diupgrade sampai Android 10 yang dikemas dengan interface khas Oppo ColorOS 7.0.

Untuk keperluan penyimpanan, Oppo F9 memiliki memori internal 64GB cukup banyak untuk sebagian pengguna. Jika 64GB masih kurang bisa ditambah lagi dengan kartu microSDXC. Kabar baiknya, slot kartu ini tidak mengambil jatah Dual SIM, jadi Anda tetap bisa menggunakan 2 kartu SIM sekaligus jika ingin menambah memori eksternal.

Oppo F9 memiliki 2 kamera. Di bagian depan terdapat kamera yang sering digunakan untuk selfie. Resolusi kamera depannya terbilang besar dengan 25 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.9µm. Sedangkan kamera utama di bagian belakang mempunyai resolusi 16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0µm, PDAF dan 2 MP, f/2.4.

Kedua kamera ini bisa merekam video hingga resolusi [email protected] Terdapat mode manual yang bisa memaksimalkan kemampuan kamera utama Oppo F9. Sangat mungkin untuk bisa mendapatkan foto light trail di malam hari dengan Oppo F9 menggunakan mode manual.

Untuk sensor, Oppo F9 dilengkapi dengan fingerprint di bagian belakang. Responnya sangat cepat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengenali sidik jari. Terdapat juga fitur pendukung lainnya seperti GPS, accelerometer, gyro, proximity dan kompas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan navigasi atau merekam kegiatan olahraga.

Oppo F9 ditenagai baterai tanam Li-Po sebesar 3.500 mAh. Kapasitas sebesar ini didukung dengan fitur fast-charging 20W VOOC, jadi tidak butuh waktu lama untuk bisa mengisi baterai hingga penuh.

Oppo F9 cocok untuk Anda yang menginginkan ponsel Android dengan sistem operasi versi terbaru. Desainnya yang unik dengan permainan gradasi warna dan pola di bagian belakang, membuat Oppo F9 terlihat berbeda. Kapasitas baterai yang besar dengan dukungan fast-charging merupakan pilihan tepat untuk Anda suka bermain game atau menonton YouTube tanpa harus sering mengisi ulang baterai.

Dengan harga yang cukup terjangkau di kisaran 3 jutaan. Anda bisa mendapatkan ponsel layar 6,3 inci dengan layar luas dan notch unik berbentuk tetesan air. Memori internal sebesar 64GB cukup lega untuk menyimpan koleksi audio atau game favorit, kalaupun masih kurang bisa ditambah dengan kartu microSDXC.

Leave a Reply