Belanja

Pasar Baru Bandung, Surga Belanja Kaya Sejarah di Kota Kembang

Bandung adalah primadona wisata di daerah Jawa Barat. Tak heran setiap akhir pekan kota ini selalu dipenuhi oleh wisatawan yang berasal dari Jabodetabek, luar wilayah, hingga internasional. Selain keindahan alam dan udaranya yang sejuk, Bandung ternyata juga punya surga belanja yang tersembunyi yaitu di Pasar Baru Bandung. Apa saja ya keunikannya?

Lokasi Pasar Baru

Pasar Baru terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Andir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pasar Baru merupakan pasar semi tradisional yang letaknya berada di tengah-tengah Kota Bandung. Lokasi yang mudah dijangkau dan banyaknya pedagang yang menjual berbagai produk membuat Pasar Baru menjadi destinasi belanja favorit, bahkan oleh wisatawan dari Malaysia dan Singapura.

Pasar Baru menjadi salah satu situs bersejarah di Bandung karena sudah dibangun sejak tahun 1906. Sejak dahulu, pasar ini sudah diramaikan oleh para pedagang dari daerah Sunda, Jawa, Palembang, hingga luar negeri seperti China, Arab, dan juga India. Umumnya jenis barang yang dijual di pasar ini adalah produk fashion seperti baju, tas, sepatu, sandal, kain, dan sebagainya.

Banyaknya pengunjung yang berasal dari Malaysia bahkan juga membuat para pedagang di Pasar Baru bertransaksi dengan Ringgit Malaysia. Bahkan saat menjelang hari raya Idhul Fitri, jumlah transaksi perhari di Pasar Baru ini bisa mencapai 8 milyar rupiah. Biasanya para pembeli memang menyetok barang untuk dijual lagi di daerah asal mereka disini karena harga yang cukup murah.

Keunikan Pasar Baru Bandung

Pusat perbelanjaan satu ini memang selalu menjadi incaran banyak orang. Meskipun Anda bukan seorang pedagang yang akan menyetok barang, bukan berarti Anda tidak bisa berkunjung ke tempat ini. Karena di lokasi ini Anda pun bisa menemukan berbagai barang-barang fashion yang unik dengan harga murah meriah. Ada beberapa keunikan Pasar Baru yang layak Anda buktikan seperti:

1. Wisata Belanja Fashion

Pasar Baru terdiri dari 8 lantai yang bisa Anda kunjungi seharian. Bagi Anda yang ingin mencari produk fashion, Anda bisa memarkirkan mobil di lantai 8 saja. Kemudian Anda bisa menyusuri seluruh lantai pasar untuk menemukan barang-barang yang cocok. Jika lelah, Anda bisa beristirahat di foodcourt dan arena bermain lantai 7.

2. Tawar Menawar Harga

Seperti layaknya pasar pada umumnya, di tempat ini Anda bisa melakukan tawar menawar harga dengan para penjualnya. Jika Anda merasa belum cocok dengan harga yang ditawarkan oleh seorang penjual, Anda bisa mencari barang serupa di pedagang lainnya, karena memang banyak sekali barang sejenis yang dijual disini.

3. Kuliner Legendaris

Di Jalan Babatan ada sebuah warung makanan khas Tionghoa Lie Tjay That yang sudah ada sejak tahun 1920. Menunya sangat beragam mulai dari cakue, kompia, bakpia, bubur ayam, bubur kacang, pangsit, kue cinsoko, dan kue tambang. Makanan ini diolah dengan citarasa dan kualitas yang masih dipertahankan sejak dahulu kala.

4. Minuman Legendaris

Daerah di belakang Pasar Baru ternyata menjadi surganya bagi pecinta minuman tradisional. Anda bisa berkunjung ke Toko Kopi Kapal Selam yang telah berdiri sejak tahun 1930. Di toko ini Anda bisa menemukan berbagai produk seperti kopi luwak, robusta, arabika, dan kopi jagung.

Ada juga toko jamu tradisional yaitu Toko Jamu Babah Kuya yang ternyata didirikan sejak tahun 1800-an, bahkan sebelum Pasar Baru dibangun. Di toko ini, Anda bisa membeli jamu untuk berbagai macam keluhan seperti reumatik, pegal linu, capek, hingga darah tinggi.

Jika ingin berbelanja oleh-oleh pakaian dari Kota Kembang, jangan sampai Anda melewatkan Pasar Baru Bandung. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan, bahkan tak jauh dari stasiun.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén