Kesehatan

Pentingnya Mengkonsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Besi Setiap Hari

Zat besi menjadi salah satu mineral yang sangat penting untuk mendukung fungsi hemoglobin yang mengangkut oksigen dari dalam darah. Bukan hanya itu, zat besi juga memiliki peran dalam berbagai proses penting lain di dalam tubuh. Oleh sebab itu, pentingnya makanan dengan kandungan zat besi harus diketahui.

Bayangkan saja, kekurangan zat besi di dalam darah bisa menyebabkan proses penting dalam tubuh menjadi terhambat. Bila Anda tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi setiap hari, besar kemungkinan mengalami kekurangan zat besi dan berujung pada anemia.

Pentingnya Makanan dengan Kandungan Zat Besi

Zat besi pada dasarnya membantu berbagai macam fungsi vital di dalam tubuh seperti fokus tubuh, energy, sistem kekebalan hingga proses pencernaan. Berikut beberapa alasan mengapa zat besi harus dikonsumsi setiap hari, seperti:

  1. Dapat meningkatkan energi pada tubuh

Zat besi memiliki tanggungjawab membawa oksigen ke otak dan otot. Bila seseorang tidak mengkonsumsi zat ini dalam jumlah yang cukup, efisiensi energi tubuh bisa terpengaruh. Zat besi bahkan bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

  1. Meningkatkan kinerja tubuh dengan aktif

Asupan zat besi begitu penting untuk seseorang ketika ia sedang menjalani gaya hidup yang aktif. Zat besi bisa meningkatkan kinerja atletik. Zat besi nantinya menghasilkan sel darah merah dengan kandungan hemoglobin sehingga bisa mentrasnfer oksigen ke jaringan. Sehingga, jika kekurangan zat ini dapat menyebabkan kinerja tubuh menjadi buruk.

  1. Menjaga kehamilan agar tetap sehat

Ketika berada dalam masa kehamilan, volume darah serta produksi sel darah merah mengalami peningkatan agar bisa memastikan janin memperoleh seluruh nutrisi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu kebutuhan zat besi juga mengalami peningkatan.

Asupan zat besi dalam jumlah cukup mampu menurunkan risiko kelahiran prematur, simpanan zat besi rendah, berat badan lahir rendah hingga defisit kognitif pada bayi. Ibu hamil yang mengkonsumsi zat besi sehari-hari memiliki risiko lebih kecil terserang virus serta menderita infeksi.

  1. Sistem imun menjadi semakin meningkat

Zat besi memiliki peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Zat besi bisa mencegah serta mengobati ebrbagai macam kondisi kesehatan. Sel darah merah yang dihasilkan sangat penting untuk memperbaiki kerusakan sel dan jaringan.

Dengan tercukupinya asupan zat besi sehari-hari, dapat mencegah terjadinya penyakit di kemudian hari, selain itu hemoglobin yang berada di dalam sel darah merah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan sehingga bisa bekerja degan optimal.

  1. Kualitas tidur menjadi lebih baik

Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur di malam hari, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Sebelum kondisi ini terus menerus memburuk, Anda bisa menerapkan pola makan sehat yang kaya dengan kandungan zat besi sehingga bisa menikmati tidur yang nyenyak setiap malam.

Mengingat pentingnya makanan dengan kandungan zat besi, Anda harus memastikan jika kebutuhan zat besi harian tercukupi. Jika tubuh kekurangan zat besi, berbagai gangguan kesehatan bisa terjadi seperti kerontokan rambut, anemia, mudah lelah, hingga risiko gangguan kesehatan pada bayi. Zat besi bisa diperoleh dari makanan-makanan sehari-hari seperti kacang, sayuran, daging merah hingga hati. Namun jika berbagai makanan tersebut masih kurang untuk mencukupi kebutuhan zat besi harian Anda, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen, namun pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dosis yang Anda konsumsi benar-benar tepat.