Properti

Tips Sewa Rumah di Bali untuk Long Stay

Dibandingkan dengan membeli rumah, banyak orang memilih mengontrak. Bukan hanya karena biaya sewa yang lebih murah dibandingkan dengan angsuran bulanan, namun meninggali rumah kontrakan sama nyamannya dengan meninggali rumah milik sendiri, begitu pun ketika Anda tinggal di Bali.

Banyak orang yang lebih memilih tinggal di Bali karena suasananya yang nyaman, bahkan jika kepindahan ke Bali bertujuan untuk membuka bisnis baru atau mencari pekerjaan baru, Bali seperti menjadi daerah yang sangat tepat. Jika Anda memutuskan untuk tinggal di Bali selama beberapa tahun saja, tentu saja menyewa rumah menjadi pilihan yang pas.

Ada begitu banyak rumah sewaan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan ketika ingin tinggal di Bali. Sayangnya, karena banyaknya penawaran tersebut, terkadang kita menjadi kebingungan. Mana sebenarnya rumah yang tepat untuk ditinggali. Agar Anda tidak salah melakukan pemilihan, berikut tips sewa rumah di Bali yang bisa Anda ikuti.

Tips Mencari Rumah Sewaan di Bali

Layaknya membeli rumah, mencari rumah sewaan juga memiliki banyak hal yang harus diperhatikan agar nantinya rumah sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin mencari rumah kontrakan, berikut tips sewa rumah di Bali yang bisa Anda jadikan bahan referensi, antara lain:

  1. Siapkan budget

Budget menjadi hal pertama dan utama yang harus disiapkan. Biasanya, sistem pembayaran rumah kontrakan ialah perbulan serta per tahun. Anda bisa memilih rumah dengan biaya sesuai anggaran, dan memikirkan rencana selanjutnya yang Anda miliki.

Bila Anda tinggal di rumah sewaan ini karena ingin belajar, Anda bisa menyewa dengan sistem bulanan, sedangkan jika Anda ingin tinggal jangka panjang, Anda bisa memilih sistem tahunan, harga tahunan tentu saja lebih ekonomis dibandingkan dengan harga bulanan.

  1. Periksa lokasi rumah

Anda bisa memilih lokasi rumah yang tidak jauh dari lokasi aktivitas atau kegiatan Anda, sehingga nantinya waktu perjalanan bisa lebih cepat, anggaran transportasi juga bisa lebih dihemat. Meskipun Anda kerja di rumah, Anda juga harus memperhatikan berbagai fasilitas umum di sekitar rumah sewaan.

  1. Periksa kondisi seluruh sudut rumah

Ada kontrakan yang dilengkapi dengan furnitur, namun ada pula kontrakan yang tidak dilengkapi dengan furnitur. Jika memilih kontrakan yang dilengkapi dengan furnitur, pastikan Anda sudah memeriksa semua sudut rumah. Anda bisa menanyakan, apa saja fasilitas gratis yang bisa digunakan.

Jangan lupa, sebelum meninggali rumah, foto seluruh barang dan keadaan yang furnitur yang ada di dalam rumah. Ini menjadi bukti seperti apa fasilitas di dalam rumah, jika nantinya terjadi perselisihan yang tidak diinginkan.

  1. Baca kontrak dengan baik

Jika sudah memilih salah satu rumah untuk menjadi pilihan, pastikan Anda sudah membaca kontrak dengan baik. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan, apa saja hal yang boleh dilakukan, apa saja fasilitas yang diberikan secara gratis, fasilitas berbayar dan yang lainnya.

Rentang Harga Sewa Rumah di Bali

Sama dengan kota besar pada umumnya, tentu saja harga sewa rumah di Bali sangat beragam. Beragamnya harga sewa rumah bergantung dari lokasi rumah tersebut, luas rumah dan fasilitas yang diberikan oleh pemilik rumah.

Untuk rumah sederhana yang berada di pusat kota seperti Denpasar, Anda harus menyiapkan budget kurang lebih Rp 20 jutaan per tahun. Harga sewa tersebut tidak disertai dengan perabot. Sedangkan, untuk rumah yang cukup mewah, memiliki harga sewa Rp 225 jutaan per tahun beserta dengan perabotan.

Bila ingin meninggali daerah lain seperti Gianyar, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 80 jutaan per tahun, rumah dengan harga tersebut sudah cukup mewah dan nyaman. Sedangkan untuk daerah Badung, rumah full furnitur memiliki harga Rp 240 juta per tahun.

Tips Agar Nyaman Tinggal di Rumah Sewaan

Nah, apakah Anda sudah memiliki referensi rumah sewaan dari tips sewa rumah di Balidi atas? Setelah mendapatkan referensi rumah sewaan yang tepat, beirkutnya adalah mengatur diri agar nyaman dengan rumah kontrakan yang akan ditinggali sekarang. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda.

  1. Cat kembali rumah sewaan

Biasanya, rumah sewaan yang sudah lama tidak ditinggali memiliki kondisi cat yang sudah pudar dan tidak enak dipandang. Namun, Anda tidak perlu cemas karena dapat mengecat ulang dinding sehingga tampilannya menjadi seperti baru. Anda bisa menggunakan warna netral jika ingin memberi kesan minimalis.

Namun, jika ingin mengecat kembali rumah sewaan, pastikan Anda sudah meminta izin dengan si pemilik rumah. Selain itu, Anda juga harus menginformasikan warna cat apa yang dipilih, sehingga tidak terjadi pelanggaran kontrak nantinya.

  1. Gunakan perabotan berkualitas

Jika Anda memilih rumah kontrakan yang sudah l;engkap dengan perabotan, tidak ada salahnya Anda menambahkan beberapa perabotan yang menurut Anda penting. Karena, biasanya perabotan yang disediakan oleh pemilik rumah hanya perabotan sederhana seperti meja, rak buku dan kursi.

Agar nyaman meninggali rumah, pilih perabot-perabot yang berkualitas, sehingga usia penggunaannya bisa lebih lama. Selain itu, perabot tersebut nantinya juga bisa digunakan kembali ketika Anda ingin pindah ke rumah kontrakan baru.

  1. Tambah tanaman hias

Rumah akan menjadi semakin nyaman ketika interior dan eksteriornya terlihat cantik. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias di dalam rumah. Sehingga rumah menjadi terlihat asri, apalagi jika Anda tinggal sendiri, pasti akan terlihat kosong bila tidak ditambah sedikit tanaman.

Menyewa rumah di daerah wisata seperti Bali memang gampang-gampang susah. Hal yang paling penting adalah memastikan rumah sewaan sesuai dengan budget serta kebutuhan. Semoga berbagai tips sewa rumah di Bali tersebut dapat membantu Anda.