Wisata

Sudah Tahu Belum Tempat Camping di Ciwidey yang Sedang Hits Abis?

Suasana Kota Bandung yang sejuk dan masih alami sekali-kali harus dinikmati dengan cara yang berbeda. Jika Anda bosan menginap di hotel, Anda bisa mencoba camping di Bandung. Salah satu spot terbaik untuk camping adalah di daerah Ciwidey. Tidak cuma 1 tempat saja, Anda bisa memilih beberapa spot tempat camping di Ciwidey dengan pemandangan alam yang memukau.

Daerah Wisata Ciwidey

Penat dengan rutinitas harian di kota besar dan ingin sejenak merasakan nuansa alami daerah pedesaan? Anda bisa berkunjung ke Kecamatan Ciwidey di Kabupaten Bandung. Kecamatan Ciwidey ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung, tepatnya sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Dilihat dari namanya yang cukup unik, menurut penduduk sekitar kata Ciwidey sendiri berasal dari Bahasa Portugis Kuno yaitu Ciwi yang berarti kiwi dan dey yang artinya hari. Ada juga yang mengatakan nama daerah ini berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu Ciwow yang artinya sapi dan Dos artinya 5 atau disebut sebagai tempat lahirnya sapi berkepala 5.

Ciwidey sendiri punya banyak sekali spot wisata alam yang layak untuk dikunjungi seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, Kawah Rengganis, Kebun Teh Rancabali, Kebun Stroberi, Valley Resort, Green Hill Park, Barusen Hill Ciwidey, Pemandian Air Panas Ciwalini, Taman Wisata Alam Cimanggu, Bukit Jamur Ciwidey, dan masih banyak lagi.

Tempat Camping di Ciwidey yang Sedang Hits

Daripada Anda menginap di Kota Bandung yang jaraknya lumayan jauh, sekali-kali cobalah untuk camping di wilayah Ciwidey ini sambil menikmati keindahan wisata alamnya. Ada 3 spot camping yang bisa dipilih yaitu:

1. Ranca Upas

Ranca Upas adalah spot camping yang paling terkenal di Bandung. Banyak traveller dan masyarakat asli Bandung yang camping di tempat ini. Ranca Upas sendiri adalah tempat penangkaran rusa yang berada di ketinggian 1700 mdpl. Seiring perkembangan waktu, Ranca Upas pun disulap menjadi tempat camping dengan udara sejuk khas pegunungan di Bandung.

Anda tak perlu khawatir karena Ranca Upas sudah menyediakan fasilitas perkemahan yang cukup lengkap mulai dari toilet, kayu bakar, kolam renang, dan arena outbond. Anda bisa menyewa perlengkapan camping langsung disini mulai dari tenda, gas, kompor, matras, dan juga sleeping bag.

2. Glamping Legok Kondang Lodge

Bagi Anda yang ingin camping dengan nuansa mewah bisa berkunjung ke tempat wisata ini. Legok Kondang Lodge merupakan sebuah penginapan dengan konsep alam yang menggabungkan konsep hotel dengan perkemahan alami atau dikenal dengan sebutan glamping (glamour camping).

Untuk bisa menikmati segala fasilitas yang ditawarkan di Legok Kondang ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 1.050.000,00/malam dengan kamar yang bisa digunakan oleh 4 orang. Ada banyak wahana wisata yang bisa Anda coba di Glamping ini seperti tracking, panahan, rafting, paintball, outbond, fun offroad, dan lain sebagainya.

3. Bale Bambu Adventure

Bagi Anda yang ingin mengadakan acara gathering komunitas dengan konsep outbond, Anda bisa berkunjung ke Bale Bambu Adventure yang lokasinya terletak di Jalan Raya Soreang-Ciwidey km.23. Bale Bambu juga merupakan restoran dengan konsep alam dimana bangunannya dibuat dari bambu dengan sajian menu khas Sunda.

Anda bisa camping sambil menikmati keindahan aliran sungai Ciwidey di tempat ini. Berbagai fasilitas juga ditawarkan disini mulai dari rafting, paintball, offroad, fun games, dan juga camping ground. Fasilitas dasar untuk berkemah juga sudah tersedia lengkap mulai dari toilet, persewaan tenda, matras, sleeping bag, makan, dan api unggun.

Tiga tempat camping di Ciwidey tersebut bisa jadi pilihan Anda menghabiskan liburan atau akhir pekan di Bandung. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisatanya pada siang hari saat camping.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén