Bisnis

Tips Membuat Kemasan Produk Terbaik dan Unik untuk Bisnis Anda

Memulai bisnis tentu gampang-gampang susah. Yang jelas, memulai bisnis di tengah ketatnya persaingan pada hari ini memerlukan keuletan dan kreativitas tinggi. Jika Anda ingin agar produk Anda laku, tentu tidak cukup hanya dengan iklan ataupun memasang harga yang murah. Faktor kemasan yang menarik dari produk tersebut akan meningkatkan daya tawar hingga kepercayaan para konsumen.

Tips Membuat Kemasan Produk Terbaik untuk Bisnis

Pengertian kemasan secara umum adalah desain yang kreatif dengan memadukan warna, tipografi, struktur, bentuk hingga material pengemas tersebut agar informasi dari produk dapat tersampaikan kepada para konsumen. Fungsi dasarnya sendiri adalah untuk memastikan agar produk tetap terjaga. Namun, kini juga berperan penting sebagai wadah iklan dan menentukan keberhasilan produk tersebut.

1. Desain Simpel dan Menarik

Inti dari mengemas sebuah produk adalah membuatnya simpel namun tetap memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Jangan sampai Anda salah kaprah menilai bahwa mengemas produk yang baik adalah yang desainnya menarik tapi rumit. Ingat bahwa jika Anda mendesain pengemas produk dengan desain yang terlalu rumit, konsumen justru akan bingung dan kesulitan menggunakan produk Anda tersebut.

2. Riset pada Kompetitor

Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk menganalisa bagaimanakah bentuk atau warna-warna yang umum dipakai oleh kompetitor produk yang sama untuk mengemas produknya. Selanjutnya Anda harus memetakan warna apakah yang terbaik untuk produk Anda. Tentunya buat agar warna dari pengemas produk Anda berbeda namun tetap memiliki keunikan tersendiri. Tentu yang lebih baik adalah yang mudah diingat.

3. Ditambahkan Gambar atau Logonya

Kebiasaan konsumen adalah lebih mudah mengingat logo, gambar atau hal-hal berbau visual dibandingkan hal lainnya dari sebuah produk. Untuk itu, agar produk Anda stand out dari produk lain yang serupa, Anda harus mengemas produk dengan diberikan gambar ataupun logo. Buatlah gambar yang memang sesuai dengan produk yang dijual. Misal jika Anda menjual makanan, buatlah gambar atau logo yang sesuai seperti bakery, koki dan sebagainya.

4. Berikan Informasi Secukupnya

Berikan informasi pada pengemas produk secukupnya dan jangan terlalu padat. Namun tentunya juga hindari memberikan informasi terlalu apa adanya atau terlalu sedikit. Informasi yang terlalu padat membuat konsumen malas melihat produk tersebut sementara informasi terlalu sedikit membuat konsumen tidak yakin dan meragukan produk Anda. Berikan informasi yang dapat menggaet ketertarikan konsumen terhadap barang tersebut. Gunakan pula font tulisan yang menarik dan mudah dibaca.

5. Material Pengemas

Pemilihan material sebenarnya sesuai dengan value yang Anda jual. Misal jika Anda menyasar kelas premium tentu harus menggunakan material terbaik. Namun, sebenarnya kini sedang tren kemasan daur ulang agar dapat menjaga kelestarian bumi. Anda bisa memilih material ini dan menunjukkan komitmen perusahaan akan kelestarian lingkungan.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén