Teknologi

Tips Membangun Blog Digital Marketing

Di era masa kini, pemasaran digital menjadi hal yang umum digunakan oleh perusahaan. Biasanya, jika sudah begini, aka nada banyak orang yang latah mengikutinya. Tentu saja kita tidak boleh sembarangan latah mengikuti.

Membangun blog digital marketing sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit, bagi mereka yang sudah berkecimpung lama dalam dunia pemasaran digital. Namun bagi kamu yang baru saja pertama kali terjun dalam dunia pemasaran ini, pasti bingung merancangnya.

Membangun Blog Digital Marketing

Sebenarnya, membangun blog pemasaran digital tidak sesulit seperti yang kita bayangkan, karena nyatanya ada beberapa trik yang bisa memudahkan kita melakukannya, berikut beberapa diantaranya:

  1. Kenali audiens yang kamu miliki

Ketika membangun blog dengan tujuan pemasran digital, nantinya kamu akan membuat banyak konten terutama tulisan. Bahkan selain konten, nantinya kamu juga akan membuat iklan digital. Sebelum membuatnya, kamu harus mengenali dengan baik siapa yang menjadi audiensmu.

Kamu harus mengetahui dimana mereka tinggal apakah di perkotaan atau kebanyakan di pedesaan, hingga jenis kelaminnya. Dengan data-data ini, kamu bisa menyesuaikan konten yang akan dibuat. Dengan cara ini, pemasaran bisa dilakukan dengan lebih efisien bahkan teapt sasaran.

  1. Buat konten yang baru

Sebenarnya, sebuah blog digital marketing berkaitan erat dengan eksperimen. Contohnya, kamu sedang melakukan sebuah strategi agar brandmu lebih dikenal, namun strategi tersebut tidak berjalan dengan maksimal. Untuk mengatasinya, kamu harus mecnoba hal baru.

Pastikan membuat konten yang memang benar-benar dibutuhkan audiensmu. Hal yang harus kamu ingat adalah buat konten yang ingin dibaca bukan konten yang kamu inginkan. Sayangnya, kebanyakan blog hanya membuat konten yang mereka inginkan dengan mengandalkan riset kata kunci, bukan konten yang benar-benar diperlukan.

  1. Perkuat dengan SEO

Pada dasarnya, blog pemasran digital banyak digunakan untuk menulis berita yang berkaitan dengan perusahaan seperti menerima dana investor hingga meluncurkan produk baru. Sebenarnya, konten ini tidak salah karena blog digunakan sebagai area publikasi.

Namun, kamu harus mengimbanginya dengan berbagai macam konten yang lain contohnya saja seperti topik yang erat kaitannya denganm produkmu. Contohnya kamu memiliki brand baju.

Kamu bisa mengkombinasikan konten dengan tips OOTD untuk orang kurus, gemuk, tinggi dan lainnya. Kemudian kamu bisa mengkombinasikannya dengan produk yang kamu miliki. Membuat konten semacam ini memang menbutuhkan waktu yang lebih lama, namun hasilnya bisa kamu petik nantinya. Selain membuat konten tersebut, kamu bisa memperkuatnya dengan strategi SEO, sehingga kontenmu terus berada di urutan paling atas mesin pencari.

Bisa dibayangkan, berapa banyak pembaca yang akan puas dengan kontenmu dan tertarik melihat produkmu jika strategi ini berhasil. Membuat blog digital marketing pada dasarnya memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Lebih-lebih jika kamu serius melakukannya.