Otomotif

Tips Memilih Mobil Bekas

Pada era yang modern seperti sekaran ini mobil sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Namun kebutuhan tersebut sering berbenturan dengan ketersediaan dana yang terbatas. Oleh karena itu mobil bekas bisa menjadi alternatif yang menguntungkan. Harga mobil bekas yang ditawarkan di pasaran cukup beragam, mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tapi sebelum Anda pergi ke penjual mobil bekas untuk membeli mobil bekas yang Anda inginkan, Anda wajib hukumnya untuk mencari info mobil bekas yang ingin Anda beli supaya tidak tertipu dan bisa mendapatkan unit yang sesuai dengan dana dan kebutuhan.

Pastikan Penjual bisa dipercaya dan memiliki reputasi baik

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencari info mobil bekas. Sebelum membeli, Anda harus memastikan bahwa showroom atau penjual mobil bekas idaman Anda terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Anda dianjurkan untuk melakukan survey ke beberapa showroom untuk membandingkan harga dan kualitas agar sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan terkecoh dengan harga murah. Anda perlu teliti memeriksa semua komponen mobil tersebut sebelum membeli.

Bawa mekanik atau orang yang mengerti mobil yang ingin Anda beli

Untuk memastikan bahwa mobil bekas yang Anda idamkan berkualitas baik, Anda dapat mengajak seseorang yang ahli dalam bidang mekanik. Jika Anda masih awam akan permesinan, maka kehadiran seorang ahli akan membantu memeriksa kondisi mesin mobil yang ingin Anda beli. Mesin merupakan komponen penting pada mobil yang harus Anda perhatikan. Meski bekas, Anda tetap harus memrioritaskan kualitas mesin demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Pastikan mobil bekas memiliki riwayat perawatan yang teratur dan rutin

Kualitas mesin dapat dipengaruhi oleh perawatan atau servis berkala yang dilakukan pemilik sebelumnya. Sebaiknya Anda tidak terkecoh pada catatan kilometer atau jarak tempuh mobil saja. Anda perlu memastikan bahwa pemilik sebelumnya merawat mobil dengan baik. Bila perlu, Anda dapat menanyakan mengenai riwayat atau catatan servis dari penjual.

Pastikan dokumen legal atau surat-surat mobil asli dan tidak bermasalah

Hal yang tidak boleh lepas dari perhatian adalah surat dan dokumen penting mobil bekas yang ingin Anda beli. Pastikan terlebih dahulu bahwa mobil tersebut memiliki surat-surat yang lengkap, seperti BPKB dan STNK. Pastikan pula pajak kendaraan sudah terbayar agar nantinya tidak menambah pengeluaran Anda. Anda dianjurkan untuk memeriksa keaslian surat-surat tersebut untuk menghindari pemalsuan dokumen. Jika perlu, segera balik nama kepemilikan mobil untuk memudahkan masalah administrasi Anda ke depannya.

Lakukan tes jalan atau tes drive pada mobil bekas yang ingin dibeli

Membeli mobil bekas memang lebih menguntungkan karena dapat mengurangi beban finansial Anda. Namun memilih mobil bekas yang baik harus menjadi fokus agar Anda tidak kecewa nantinya. Saat mencari info mobil bekas, jangan sampai terkecoh dengan body atau interior yang mulus saja. Anda juga harus memerhatikan beberapa aspek yang telah disebutkan sebelumnya. Anda sebaiknya melakukan test drive atau mencoba mengendarai mobil tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mesin dan komponen lain bekerja dengan baik.

Leave a Reply