Kesehatan

Ulasan Seputar Beberapa Penyebab dan Obat Mual Muntah

Mual dan muntah adalah 2 hal yang sering menyerang manusia. Penyebab mual dan muntahtentu berbeda-beda dan obat mual muntah berbeda. Mual merupakan mekanisme pertahanan diri karena sensasi yang tidak nyaman dalam perut sehingga membuat rasa muntah muncul. Perut mual juga dapat menjadi penyebab terjadinya seseorang memuntahkan semua isi perutnya. Muntah merupakan kondisi dimana lambung dengan isinya dipaksa keluar melalui mulut. Hal ini dikarenakan kontraksi lambung dan otot perut sehingga ini bukanlah penyakit melainkan gejala bahwa seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Faktor terjadi mual adalah penggunaan ponsel maupun membaca buku ketika sedang dalam perjalanan sehingga menjadi mabuk perjalanan, jadwal makan yang tidak menentu sehingga membuat terjadinya sindrom dispepsia dan makanan yang tidak sehat sehingga menjadi penyebab keracunan makanan. Gejala yang ditimbulkan dengan rasa perut yang tidak nyaman, pusing, perut menjadi kembung, penurunan nafsu makan. Diagnosis dari dokter dilakukan dengan wawancara dan memberikan pemeriksaan secara fisik, sehingga membutuhkan USG abdomen, pemeriksaan darah maupun rontgen abdomen. Hal ini untuk memastikan bahwa mual yang terjadi bukan karena penyebab dari penyakit lain yang masuk dalam tubuh.

Berikut adalah penyebab terjadinya mual:

  • Asam lambung naik seperti maag atau GERD, dua penyakit yang membuat otot stingter tidak dapat menutup rapat sehingga makanan menjadi susah dicerna dan bercampur bersama asam lambung dan dapat bocor hingga kembali menuju tenggorokan.
  • Hamil, hormon human chorionic gonadotropin yang diproduksi tubuh setelah sel telur akan dibuahi sehingga akan menempel pada lapisan rahim dan adanya estrogen akan meningkatkan terjadinya mual ketika hamil begitu juga saat stress maupun kelelahan.
  • Terjadi infeksi pada pencernaan yang disebabkan oleh muntaber, keracunan makanan karena ketika ada kuman yang menyerang dinding lapisan usus dan lambung akan membuat racun dan memerintahkan organ cerna dapat memproduksi banyak cairan sehingga akan mengeluarkan zat-zat yang menjadi racun dalam tubuh.

Selain itu, mabuk perjalanan dapat membuat mual karena sinyal campur aduk akan masuk ke otak melalui mata dan telinga pada bagian dalam. Saat dalam perjalanan, tubuh dalam posisi diam dan duduk sedangkan mata dan telinga melihat semua gerakan ke belakang yang membuat reaksi sehingga semuanya akan dianggap bahaya dan membuat mual. Mabuk alkohol juga dianggap racun oleh tubuh dan membuat otak memberikan reaksi berat dan mengirim sinyal menuju pencernaan dan membuat isi perut tidak enakan dan berbahaya bagi manusia. Cemas maupun panik akan menimbulkan stress yang menimbulkan gejala cemas maupun panik sehingga akan meningkatkan hormon serotonin yang membuat jantung berdetak cepat dan napas menjadi pendek.

Berikut adalah penyebab muntah:

  • Menderita alergi maupun hipersensitif yang terjadi pada saluran pencernaan.
  • Stenosis pilorus merupakan gangguan pada bayi sehingga terjadi penyempitan pada ujung lubang makanan keluar menuju usus halus.
  • Peritonitis merupakan radang yang terjadi pada selaput perut pembungkus seluruh organ tubuh dan membatasi organ perut.
  • Gangguan metabolik yang mengganggu bagian perut dan otak sehingga berkoordinasi untuk muntah.

Obat mual muntah secara alami dengan mengonsumsi air putih sehingga akan memperlancar dan membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jahe juga dapat dikonsumsi yang mampu mengurangi tingkat keasaman dan aromanya akan membantu mengurangi rasa ingin mual muntah. Jika aroma tidak dapat mengatasinya dapat menggunakan teh dan mengunyah jahe atau merebus jahe bersama dengan air. Lemon dapat mengurangi rasa mual muntah dengan mencampurkannya pada teh atau air sehingga akan membantu melepas muntahan.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén