Bisnis

Modal Kecil? ini Usaha Sampingan yang Bisa Anda Coba

Terkadang, usaha sampingan dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Mulanya iseng atau sekedar mengisi waktu senggang. Biasanya bisnis ini hanya dijadikan sebagai pemasukan tambahan. Tapi siapa sangka, bermodal iseng dan sedikit rupiah, ternyata bisa menjadi bisnis yang berskala dunia dan menghasilkan profit yang fantastis.

Namun, sebagian orang mungkin kehabisan ide. Peluang usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal kecil? Mari simak inspirasi usaha berikut ini.

Menyediakan Jasa

Jika Anda bukan tipe orang yang suka menjual barang, menyediakan jasa bisa jadi pilihan. Jasa yang bisa Anda sediakan pun bermacam-macam. Seperti, laundry kiloan dan cuci motor atau mobil. Bagi Anda yang punya keahlian di bidang desain, Anda juga bisa menyediakan jasa desain grafis, yang dewasa ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Mengajar les privat juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki keahlian dan pengalaman mengajar.

Bagi para Ibu rumah tangga khususnya, jasa menjahit pakaian juga bisa jadi alternatif usaha sampingan di rumah. Selain itu, bagi Anda yang memiliki spesialisasi di bidang bahasa asing, mungkin bisa mencoba menyediakan jasa penerjemah. Penerjemah ini juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan asing. Lebih simple dari penerjemah, menyediakan jasa pengetikan juga bisa jadi alternatif. Untuk bisnis ini cocoknya berlokasi di daerah sekitar kampus.

Beralih ke bidang lain, menyediakan jasa makelar property juga bisa dicoba bagi Anda yang menyukai dunia pasar-memasarkan. Pemasaran property ini bisa dilakukan melalui email marketing, blog marketing, atau display marketing. Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia marketing, pasti sudah familiar.

Terakhir, adalah usaha sampingan yang sedang tren di tahun ini, yaitu jastip alias jasa titip. Anda hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis ini. Media promosinya biasanya melalui sosial media atau melalui aplikasi messenger seperti WhatsApp, Line dan semisalnya.

Menyediakan Barang

Selain jasa, Anda juga bisa menjual barang. Seperti, menjual pulsa elektrik. Bisnis ini juga menggiurkan, karena hampir semua orang di zaman ini memiliki handphone, dan otomatis memerlukan pulsa. Pangsa pasarnya bisa dimulai dari orang-orang sekitar Anda, apakah teman kantor, teman kos, teman kuliah atau keluarga.

Jika Anda lebih menyukai dunia otomotif dibanding jualan pulsa, Anda bisa mencoba bisnis jual beli motor bekas. Sebagai langkah awal, Anda bisa membantu menjualkan motor orang lain, lalu Anda mendapat komisi. Jika Anda sudah punya pasar yang jelas, barulah Anda bisa membeli motor bekas dibawah 10 juta misalnya, kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga.

Jual pakaian juga tergolong aman dan cukup menggiurkan. Karena pakaian tidak basi seperti makanan, dan pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Anda bisa memulai dengan membeli pakaian secara grosir, lalu menjualnya kembali.

Menjual Panganan

Makanan juga menjadi salah satu objek dagangan yang diminati banyak orang. Pasalnya, semua orang pasti makan. Bisnis makanan pun terdiri dari berbagai macam. Misalnya, Anda bisa menjual menu untuk sarapan. Ini cocok dengan pangsa pasar para pegawai yang tidak sempat menyiapkan sarapan sendiri di rumah dan lebih memilih membeli untuk dimakan di kantor.

Masih sekitar dunia perkulineran, siapa yang tidak suka kopi di zaman ini? Bahkan kopi seakan menjadi lifestyle yang digandrungi akhir-akhir ini. Tidak usah yang mewah, Anda bisa coba memulai dengan warung kopi sederhana, atur lokasi strategis seperti di dekat kampus atau kawasan industri. Lengkapi juga dengan beberapa jenis camilan seperti gorengan, mie instan dan minuman lainnya.

Bagi Anda para sweet tooth dan hobi membuat aneka kue atau makanan penutup, mungkin berjualan kue bisa Anda coba. Dapat uang dari kegiatan yang Anda sukai, menyenangkan sekali bukan?

Nah, itulah beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Berapapun modal yang kita miliki, berusahalah menumbuhkan jiwa pengusaha pada diri kita. Beberapa ulasan di atas hanyalah sedikit dari ribuan atau bahkan jutaan peluang usaha yang bisa Anda coba. Bahkan jika Anda jeli, Anda bisa menemukan ladang usaha yang belum tersentuh oleh siapapun di dunia ini. Jiwa entrepreneur dan kreativitas yang Anda miliki, merupakan salah satu kunci Anda menuju sukses yang tak Anda duga.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén