Teknologi

Bagaimana Memanfaatkan Whatsapp Untuk Kepentingan Bisnis

Selain digunakan untuk kepentingan pribadi, Whatsapp (WA) juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis atau usaha. Sebab, dibandingkan dengan yang biasa ternyata Whatsapp Business memiliki berbagai kelebihan yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis secara gratis.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Whatsapp Business

Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari maka ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal khusus agar bisa memaksimalkan fungsi WA bisnis tersebut. Apa saja yang bisa dilakukan untuk melakukan hal tersebut? Berikut cara sekaligus penjelasan lengkapnya.

1. Kenali fitur-fiturnya dengan baik

Selain fitur standar, WA business sebenarnya memiliki fitur tambahan yang berbeda sehingga mau tidak mau Anda harus mempelajarinya. Tidak hanya cara menggunakannya saja tetapi juga syarat dan ketentuan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut dengan baik agar bisa melakukan efisiensi dari berbagai aspek bisnis.

2. Gunakan fitur balas chat dengan cepat

Whatsapp Business memiliki fasilitas untuk membalas pesan otomatis yang merupakan salah satu keunggulan terbaiknya. Dengan fasilitas ini maka Anda bisa membalas pesan dari konsumen dengan waktu yang lebih cepat. Cukup dengan masuk ke menu Setting kemudian pilih Business Setting dan pilih opsi Quick Replies agar mengaktifkan fitur balas cepat ini.

Anda hanya perlu mempersiapkan kata kunci apa saja yang sering ditanyakan oleh konsumen sehingga Anda bisa membuat jawaban otomatis. Hal ini jelas akan menghemat banyak waktu mengingat masih banyak konsumen yang menanyakan hal-hal dasar yang bahkan kadang-kadang sudah tertera secara jelas di deskripsi.

3. Mengatur pesan sapaan otomatis

Selain fasilitas balas cepat, ada fasilitas kalimat sapaan secara otomatis di WA Business. Kalimat sapaan ini nantinya akan muncul secara otomatis setiap kali ada konsumen yang mengirim pesan ke akun WA Business Anda. Bahkan, pesan sapaan tersebut masih bisa dikirim untuk konsumen sudah tidak melakukan komunikasi lagi selama 2 minggu.

Dengan begitu, komunikasi dan hubungan antara Anda dengan konsumen akan tetap terjaga dengan baik. Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fasilitas ini maka cukup dengan masuk ke menu Setting kemudian masuk ke Business Setting lalu pilih opsi Greeting Message.

4. Maksimalkan fitur broadcast

Selain di Whatsapp biasa, fasilitas broadcast juga bisa dipakai di WA Business. Fitur ini akan memudahkan pelaku usaha untuk mengirim pesan kepada beberapa konsumen sekaligus sehingga lebih efisien waktu. Jika bisa memaksimalkan fasilitas ini maka Anda bisa meningkatkan penjualan serta promosi.

Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan menggunakan fitur ini sebab beberapa orang akan menganggapnya sebagai spam dan melaporkannya jika pesan yang dikirim tidak terlalu penting dan cenderung mengganggu. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menginformasikan tentang promo atau potongan harga yang bisa diperoleh konsumen jika melakukan transaksi dengan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk meminta feedback atau saran dan kritik dari para konsumen terutama mereka yang sudah sering bertransaksi dengan Anda. Dengan cara ini Anda bisa memperbaiki dan mengembangkan usaha dengan cara yang lebih baik.

Berikut merupakan sedikit tips untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di Whatsapp Business yang bisa dilakukan. Meski sebenarnya masih ada banyak tips lainnya tetapi cara-cara di atas merupakan yang paling mudah dan umum dilakukan. Meskipun tidak terlalu banyak tetapi setidaknya hal tersebut tidak ada salahnya untuk dicoba.